4 Jenis-Jenis ikan Piranha Yang Belum Anda Temui

4 Jenis-Jenis ikan Piranha Yang Belum Anda Temui

ikan Piranha Barisan gigi-gigi tajamnya tersusun rapat dan tersambung satu sama lainnya. Gigi-gigi itu didesain sempurna untuk menusuk dan mencabik-cabik daging dengan cepat dimana ikan ini tergolong memiliki nafsu makan yang rakus. Jika sedang lapar dan tidak ada pilihan lain ikan ini juga agresif terhadap jenisnya sendiri dan melakukan kanibalisme. Berikut jenis-jenis ikan Piranha.

Pygopristis Denticulata

  • Nama Ilmiah : Pygopristis denticulata
  • Sinonim: Serrasalmus denticulatus
  • Nama Umum : golden piranha, big-toothed piranha, lobe-toothead piranha

Jenis ikan piranha gigi besar dengan nama ilmiah Pygopristis denticulata atau Serrasalmus denticulatus ini memiliki ukuran panjang maksimal 20 cm. Ikan ini bersifat karnivora, kanibal, predator, agresif, memiliki rahang yang kuat dan susunan gigi unik dan tajam.

Ikan ini makan dengan cara mencabik mangsanya. Ikan yang hidup soliter ini memiliki warna kebiruan di bagian punggung dan kekuningan atau orange dibagian perut, dengan bintik hitam diseluruh tubuh. Memiliki mata besar dan lubang hidung yang besar pula. Sirip berwarna kemerahan dan bentuk kepala yang cembung.

Pygocentrus Cariba

  • Nama Ilmiah : Pygocentrus cariba
  • Nama Umum : black spot piranha

Juvenil maupun ikan dewasa memiliki bagian atas tubuh berwarna abu-abu keperakan. Juvenil memiliki bintik-bintik hitam di seluruh tubuh bagian atas mereka, mirip dengan juvenil dari ikan Pygocentrus nattereri. Tubuh bagian bawah berwarna merah atau merah-oranye, dan bervariasi dari suatu ikan dengan ikan yang lain.

Sebagian besar kepala berwarna abu-abu, dengan warna oranye atau merah di sisi bawah. Mata berwarna keperakan, dengan pigmen hitam di atas dan di bawah iris. Sirip anal dan sirip dada yang berwarna oranye sampai merah. Sirip punggung gelap keabu-abuan, dan sirip adiposa berwarna hitam. Sirip ekor menyerupai redbelly, yaitu gelap dengan band vertikal cahaya di tengah.

Serrasalmus Sanchezi

  • Nama Ilmiah : Serrasalmus sanchezi
  • Nama Umum : ruby-red piranha, ruby-red throated piranha

Serrasalmus sanchezi atau dinamakan Ruby-red Piranha/Ruby-red Throated Piranha karena memiliki warna perut merah cerah yang terlihat tajam. Panggul yang berbintik-bintik warna perak. Bentuk tubuh pipih dan bentuk kepala cekung.

Sirip pectoral merah, sirip anal abu-abu kemerahan, dan sirip dorsal, ventral dan adiposa berwarna abu-abu tembus. Sirip ekor berwarna gelap dengan garis tengah berwarna abu-abu sampai putih. Warna mata merah. Juvenil berwarna keperakan dan ditutupi dengan bintik warna hitam berukuran kecil dan terlihat sangat mirip dengan ikan remaja pada sebagian besar spesies piranha lainnya.

Serrasalmus Gibbus

  • Nama Ilmiah : Serrasalmus gibbus
  • Nama Umum : gibbus piranha

Seperti halnya ikan piranha lain dalam genus Serrasalmus, ikan Serrasalmus gibbus juga bersifat karnivora, kanibal, predator, agresif, memiliki rahang yang kuat dan susunan gigi unik dan tajam, serta dapat tumbuh maksimal sampai berukuran panjang 21 cm. Ikan ini makan dengan cara mencabik mangsanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *