5 Ikan Air Tawar Yang Paling Berbahaya

Ikan Air Tawar Yang Paling Berbahaya – Ikan air tawar merupakan ikan yang menghabiskan seluruh hidupnya di air tawar seperti di Sungai dan Danau. Ikan air tawar memiliki beberapa ukuran dari ukuran yang paling kecil sampai ukuran yang paling besar seperti ikan Pirarucu dan Ikan Piraiba yang hidup di sungai Amazone yang panjangnya bisa mencapai 3 meter. Dari berbagai jenis ikan air tawar terdapat beberapa jenis ikan yang berbahaya dan mematikan ketika anda menemukannya dan sedang berenang atau menyelam. Berikut ini ikan air tawar yang berbahaya bagi manusia.

Baca juga: Daftar Ikan Hias Paling Terkenal Dan Populer Di Dunia

1. Muskellunge

Ada beberapa jenis ikan pike yang hidup di Bumi. Salah satunya yang pastinya pernah kita dengar adalah Barracuda. Jarang ada yang kenal dengan ikan bernama Muskellunge atau Muskie. Masih memiliki kerabat dengan Barracuda, Muskellunge atau Muski adalah monster air tawar yang tak bisa dianggap sepele.

Muskellunge bisa tumbuh mencapai 1,8 meter dengan berat 21 kg. Ikan ini memiliki penampilan dan sifat yang persis seperti Barracuda, dimana mereka besar, panjang, bergigi tajam, dan tentu saja kuat. Gigi tajam seperti anjing dan kekuatannya, Muskellunge dapat dengan mudah menarik mangsanya ke bawah air.

2. Goonch Catfish

Berada di perairan tropis, tak cukup kalian waspada dengan ikan hiu. Ada ikan yang tak kalah berbahaya dari hiu, dan ikan tersebut adalah ikan Goonch catfish atau Lele Goonch. Tak seperti ikan lele pada umumnya yang kecil, Lele Goonch berukuran sangat besar, tinggal di perairan tawar dan sangat berbahaya layaknya ikan hiu.

Lele Goonch memang tergolong ikan yang pemalas, tapi mereka adalah predator. Lele Goonch yang besar seperti tampak pada foto, banyak ditemukan di Asia Selatan. Dengan panjang mencapai 1,8 meter, Lele Goonch bisa mencapai berat hingga 90 kg. Sebagai predator, Lele Goonch dibekali dengan gigi tajam dan rahang kuat.

3. Payara/Vampire Fish

Ikan Payara merupakan vampirnya di dunia ikan. Maka dari itu, Payara disebut juga dengan Ikan Vampir. Ikan Payara adalah ikan yang banyak ditemukan di perairan tawar di Amerika Selatan. Yang menjadi ciri khas dari Payara adalah, taring bawahnya yang panjang dan tajam. Bayangkan jika gigi tersebut menancap di tubuh manusia, pasti sangat sakit.

Payara sangatlah licin, lincah, dan memiliki warna silver yang mencolok. Ikan Payara diketahui masih memiliki hubungan saudara dengan ikan Piranha dari perairan Amazon. Bila mulut ikan ini tertutup, mereka terlihat seperti ikan normal, mirip dengan Salmon. Ikan Payara bisa tumbuh hingga 45 cm, tak terlalu besar, tapi gigi ikan ini bisa dengan mudah menembus daging mangsanya.

4. Belut Listrik

Bila digigit ikan tak membuat kalian takut? Bagaimana bila tersengat listrik? Ya, tersengat listrik ketika berenang adalah hal yang paling tidak ingin terjadi pada siapapun. Mungkinkah ada hewan yang bisa mengeluarkan listrik? Ada, dan itu adalah belut listrik. Bukan belut dalam artian sebenarnya, tapi belut listrik termasuk dalam Ikan knife.

Belut listrik banyak ditemukan di daerah Utara dari Amerika Selatan. Bentuk mereka mirip ular dengan mata dan pipi yang membulat. Mereka bisa mencapai panjang hingga 2,4 meter, berat 19 kg, dan mampu mengeluarkan arus listrik sebesar 860 volt. Kematian akibat sengatan belut listrik memang jarang terjadi, tapi jika kalian sampai mengalami kelumpuhan di dalam air setelah tersengat, kalian bisa tewas karena tenggelam.

5. Piranha

Mustahil sekali apabila tidak memasukkan ikan Piranha ke dalam daftar. Ikan ini sudah mendapatkan reputasinya sebagai ikan air tawar yang sangat berbahaya. Banyak dijumpai di perairan Amazon, ikan Piranha selalu mencari makanan secara berkelompok. Ini membuat ikan Piranha semakin berbahaya.

Ikan Piranha adalah ikan karnivor, mereka memakan daging dari hewan apapun yang berada dalam wilayah mereka. Meski ukuran mereka kecil, Piranha memiliki gigi kecil yang tajam. Satu Piranha memang tak begitu menakutkan, tapi begitu mereka berkumpul, mereka bisa melahap hewan besar sampai tak bersisa dalam waktu yang singkat. Sudah ada banyak film yang menceritakan betapa menakutkannya ikan Piranha, kalian bisa tonton sendiri kalau tidak percaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *