5 Jenis Ikan Louhan

Jenis Ikan Louhan – Ikan Louhan atau nama dalam bahasa inggrisnya merupakan Flowerhorn disebut juga dengan nama Amphilophus Trimaculatus yang tergolong ikan hias air tawar. Ikan ini sebenarnya berasal dari Malaysia dan Taiwan, namun karena ikan ini mempunyai sisik apik dan benjolan dibagian kepala yang unik maka banyak orang yang menyukai ikan ini dan diminati oleh para pencinta ikan hias sebagai binatang peliharaan dalam aquarium mereka.

Baca juga: Red Devil Nenek Moyang Ikan Louhan

Ikan jenis ini dikenal memiliki keunikan yang sangat menonjol, yaitu kepalanya yang besar atau sering di sebut dengan jenong. Nah, ternyata keunikan itulah yang membuat ikan ini semakin populer dan di sukai oleh para pecinta ikan hias air tawar. Ikan Louhan pun terbagi dari beberapa jenis. Mau tau apa saja itu jenisnya? Berikut ini 6 di antanya jenis ikan Louhan.

1.Jenis Ikan Louhan Golden Red

Jenis Louhan Golden Red merupakan jenis ikan louhan yang berasal dari negara Thailand. . Saat ini, di Indonesia sudah banyak ditemukan para penjual ikan louhan golden red. Sesuai dengan namanya, jenis ikan louhan satu ini memiliki perpaduan antara warna merah dan emas. Namun ketika masih anakan, perpaduan warna ikan louhan golden red belum begitu terlihat. Sisik ikan louhan golden red akan mengalami perubahan seiring waktu. Hal itu dikarenakan jenis ikan louhan satu ini akan mengalami perubahan dan penambahan hormon kulit.

2. Jenis Ikan Louhan Kamfa

Walaupun kejayaan ikan louhan saat ini kurang setenar seperti tahun 2000an, tetapi jenis ikan louhan satu ini masih memiliki banyak penggemar di Indonesia dan negara kawasan Asia Tenggara lainnya. Ikan louhan Kamfa memiliki warna sisik yang sangat cantik dan menyerupai sebuah bunga. Pada bagian ekor dan sirip ikan lohan kamfa terdapat bintik-bintik berwarna putih. Selain itu, bintik hitam besar pada tubuhnya terlihat lebih rapih dan besar dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya.

3. Jenis Ikan Louhan Cencu

Ikan louhan cencu juga memiliki nama lain, yaitu ikan louhan mutiara. Untuk jenis ikan louhan satu ini dibagi menjadi dua, yaitu ikan louhan cencu clasik dan ikan louhan cencu modern. Ciri khas dari ikan louhan cencu adalah memiliki dua warna yang berbeda pada tubuhnya. Pada bagian kepala hingga pertengahan tubuh berwarna merah, sedangkan pada bagian tengah sampai ekor berwarna kuning keemasan. Harga ikan louhan cencu lumayan murah dibandingkan dengan jenis ikan louhan kamfa.

4. Jenis Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Bisa dibilang ikan louhan super red dragon (SRD) paling banyak dicari dan terbaik diantar jenis ikan louhan lainnya. Ikan louhan SRD sangat familiar dan populer di kalangan pengkolektor louhan di kawasan Asia Tenggara mulai dari Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, Indonesia dan bahkan hingga Benua Eropa. Ciri khas dari ikan louhan SDR adalah memiliki dua bagian tubuh yang berbeda warna, yaitu merah dan kuning. Yang menjadi keunikan dari jenis ikan louhan ini adalah memiliki jenong terbesar dari ikan louhan lainnya.

5. Jenis Ikan Louhan Kemalau

Ikan louhan kamalau merupakan jenis ikan lohan yang sangat langka dan paling banyak peminatnya saat ini. Jenis ikan louhan ini memiliki ciri khas berupa bintik mutiara dari kepala hingga ekor. Ikan louhan kemalau memiliki dua bagian tubuh yang memiliki warna berbeda. Pada bagian kepala dan jenong berwarna merah tua, sedangkan pada bagain tengah tubuh hingga ekor berwarna merah muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *