8 Jenis Ikan Arwana Dan Harganya

Jenis Ikan Arwana Dan Harganya – Ikan arwana merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer dengan harga jual yang cukup tinggi. Ikan ini memiliki daya tarik yang sangat kuat untuk dipelihara. Karena ikan arwana ini memiliki warna sisik yang sangat cantik. Nama latin Ikan Arwana adalah Scleopages sp. Sering disebut juga dengan ikan naga (dragon fish), barramundi, saratoga, pla tapad, kelesa, siluk, kayangan, peyang, tangkelese atau arowana.

Baca juga: Si Cantik, Ikan Arwana

Bagi anda yang ingin memilihara ikan arwana, berikut ini daftar jenis-jenis ikan arwana dan juga harganya.

1. Arwana Golden Red

Jenis Ikan Arwana Golden Red sangatlah terkenal. Ikan ini pernah mencapai masa kejayaannya sekitar 8 tahun yang lalu. Arwana yang memiliki sisik emas hingga baris ke-4 atau ke-4 dari perutnya ini harganya kini cuma Rp3000.000 per ekor, untuk panjang 25 cm.

2. Arwana Highback Golden

Jenis Ikan Arwana Highback Golden memiliki sisik warna emas hingga levelnya mencapai 5. Ini artinya sisi emasnya tumbuh dari bawah perut hingga baris ke-5. Ikan ini memiliki harga yang sedikit lebih mahal daripada varietas golden red, yaitu: Rp4000.000.

3. Arwana Super Highback Golden

Untuk Jenis Ikan Arwana Super Highback Golden warna sisik emasnya hingga baris ke-6. Hampir menutupi seluruh tubuh, hanya saja memang ikan ini tidaklah seutuhnya warna emas. Ada bagian-bagian tertentu yang warna hitam atau yang lainnya, mengikuti warna dasar tubuhnya. Harganya Rp4000.000.

4. Arwana Crossback Golden

Lanjut dengan varietas yang paling unggulan dan sempurna warna emasnya adalah Crossback Golden. Ikan emas ini harganya pun melambung, mencapai Rp25.000.000 per ekor. Namun ada pula yang hanya Rp10.000.000, ini tergantung dari ukuran dan tempat membelinya. Disarankan langsung beli dari peternak Malayasia. Karena jenis ikan arwana ini adalah hasil budidaya di negeri jiran.

5. Arwana Hitam

Sesuai dengan namanya, jenis ikan arwana ini adalah arwana hitam. Maka warna tubuhnya pun hitam seutuhnya. Meski tidak sepopuler Arwana berwarna merah dan keemasan, namun harga si hitam ini lumayan loh, Rp2000.000 per ekor.

6. Arwana Super Red

Jenis Ikan Arwana Super Red punya warna tubuh warna merah seutuhnya. Ikan ini jadi primadona karena keelokannya di akuarium. Arwana super merah ini harganya pun cukup terjangkau. Hanya Rp4000.000 saja kok.

7. Arwana Silver

Jenis Arwana Silver sangatlah unik. Warna tubuhnya benar-benar silver alias perak. Meski bukan varietas unggulan dibandingkan arwana emas, namun harga ikan ini lumayan mahal loh, yaitu Rp3000.000. Cocok sekali untuk dijadikan komoditi bisnis.

8. Arwana Banjar

Jenis Ikan Arwana Banjar memiliki penampakkan yang mirip dengan arwana merah. Hanya saja warna kulitnya lebih muda. Meskipun berwarna merah muda, ikan ini dianggap strain berbeda dari ikan arwana merah. Harga Arwana Banjar hanyalah Rp500.000.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *