8 Jenis Ikan Hias Air Tawar

8 Jenis Ikan Hias Air Tawar – Di Indonesia banyak sekali jenis ikan hias air tawar. Terdapat lebih dari 1.100 spesies ikan hias air tawar yang diperdagangkan secara global. Dari banyaknya jumlah tersebut, di negeri kita ini memiliki 400 spesies. Namun hanya sekitar 90 spesies yang dibudidayakan masyarakat.

Baca juga: Ikan Julung-Julung Air Tawar

Ikan hias air tawar lebih mudah dibudidayakan dibanding ikan laut. Teknologinya sederhana dan biayanya murah. Sehingga banyak dilakukan dalam skala usaha rumahan. Berbeda dengan ikan hias air laut yang memerlukan fasilitas padat modal.

Namun, tak semua kan hias dibudidayakan secara masif, ini terkait dengan pangsa pasar dan tingkat kesulitannya. Berikut ini beberapa jenis ikan hias air tawar yang paling populer dipelihara bagi pecinta ikan hias.

1. Ikan Arwana

Ikan arwana adalah ikan asli dari indonesia, ikan ini berasal dari pedalaman Papua dan Kalimantan. Ikan yang di juluki sebagai ikan naga ini mempunyai 2 sungut di bawah bibirnya, sungut ini sangat berguna untuk mendekeksi mangsa, tidak heran kenapa arwana dujuluki ikan predator.

2. Ikan Cupang

Ikan cupang ini merupakan juga ikan asli Indonesia di alam bebas di sungai, untuk di negara lain banyak ditemukan di Thalinland, ikan ini tidak bisa dicampur kan bersamaan dengan sesama jenisnya. Karena iakn ini bersifat petarung.

Cupang ada banyak jenisnya, cuma kita sekarang hanya membedakan dari 2 petarung dan hias. Cupang hias di nilai dari siripnya yang besar dan berwarna-warni, untuk jenis petarung denga sirip yang kecil tetapi sangat kuat.

3. Ikan Molly

Ikan molly adalah keluarga ikan kecil, molly mempunyai jenis yang sangat bervariasi, dan mempunyai warna-warna yang sangat indah tidak kalah denga ikan hias air tawar jenis lainya.

Ikan ini cendrung bersifat damai dengan ikan lain, malah jika di akuarimunmu terdapat ikan predator pasti ikan ini yang dimangsa. Ikan ini sangat bersahabat dengan ikan hias lainya yang bersifat bersahabat juga.

4. Ikan Blackghost

Ini adalah ikan hias air tawar yang paling saya suka, karena ini ini sangant unik, blackghost ini adalah ikan hias air tawar yang berasal dari padalaman sungai Amazon dan Suriname, hewan ini juga nocturnal. Berkeliaran hanya di malam hari, jika di siang hari anda melihat ikan ini sangat pemalu jangan heran.

Keunikan ikan ini adalah dia bisa berenang mundur dan gerakannya yang tidak bisa dilakukan ikan lain. Sampai-sampai ikan ini dijuluki sebagai “ikan penari”, dikarenakan dia yang mempunyai sirip yang menggelambir dibawahnya dan tubuh yang sangat lentur.

5. Ikan Sapu-sapu Hias

Ikan sapu sapu tidak cuma ikan danau yang kelihatan ikan jorok dan kotor. Ikan sapu sapu juga ada jenis hiasnya mulai dari sapu-sapu albino. Ikan sapu-sapu adalah jenis ikan yang damai juga, dia tidak memakan ikan lain. Karena ikan ini juga tidak memiliki gigi seperti ikan lainya. Ikan ini juga cocok untuk digabung bersamaan ikan predator.

6. Ikan Oscar

Oscar adalah ikan yang tidak pernah ada matinya ikan ini ikan ini cocok dipelihara di akuarium ataupun di kolam. Warna ikan oscar ini ada 2 paduan, yaitu kombinasi antara hitam dan merah, satu lagi berwarna albino campuran putih dan merah yang kekuningan.

7. Ikan Louhan

Ikan louhan ini adalah ikan yang sangat terkenal sampai mendunia karena memiliki warna sisik yang berbeda-beda dan benjolan di kepalanya yang berbentuk sangat khas. Habitat asli ikan ini adalah hanya dari Malaysia dan Taiwan.

Di Malaysia terkenal ikan ini di gemari karena benjolan di kepalanya yang banyak dikenal sebagai “kapal perang”. Kalau di negara taiwan sendiri ikan ini jika benjolannya lebih besar dan ekornya panjang merupakan tanda keberuntungan.

8. Ikan Koi

Ikan koi merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari negara dari jepang. Ikan koi dulu hanya dipelihara oleh orang-orang yang berderajat tinggi saja seperti keluarga kasiar, semakin kedepan perubahan jaman ikan koi banyak dielihara oleh orang-orang bisa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *