8 Jenis Ikan Koi

Jenis Ikan Koi – Ikan koi merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang sanngat populer, baik di Indonesia maupun di dunia. Ikan hias ini aslinya berasal dari negara Jepang dan pada awalnya, ikan koi termasuk ikan yang bisa di konsumsi. Namun, seiring berjalannya waktu, ikan ini berkembangbiak dan mempunyai banyak variasi. Variasi-variasi yang muncul memiliki keindahan dan keunikan masing-masing di bagian sisiknya. Oleh karena itu, ikan ini dimanfaatkan untuk ikan hias. Untuk mengetahui apa saja jenis ikan koi, berikut ini beberapa jenis ikan koi.

Baca juga: 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar

1. Kohaku

Kohaku merupakan salah jenis jenis ikan koi yang paling banyak diinginkan, kohaku yang berkualitas bisa sangat berharga dan tampak menonjol dalam kolam. Varietas ini memiliki dua jenis warna dan termasuk dalam jenis koi non metalik. Koi ini mempunyai warna dasar putih dengan bercak merah atau Hi di bagian punggung. Spesimen kohaku yang baik mempunyai pola tertentu yaitu tepian yang jelas dan warna dasar putih bersih tanpa cela yang sering disebut Putih Salju.

2. Sanke

Jenis jenis ikan koi berikutnya yaitu sanke atau Taisho Sanshoku, apa yang dikenal dengan sanke (yang berarti triwarna), jenis Ini pertama kali dipertunjukkan di pameran Taisho pada tahun 1915 (Era Taisho 1912-1926). Sanke merupakan ikan non metalik dengan pola warna ganda merah (Hi) dan hitam (Sumi) dengan warna dasar tubuh putih. Warna hitam Pada Sanke kecil di seluruh tubuh ikan, kecuali kepala. Walaupun kombinasi 2 warna ini Seharusnya berada di atas warna dasar putih, Sumi juga bisa menutupi warna merah atau putih, atau berselang seling dengan warna merah dan putih. Koi yang berwarna dasar putih dengan belang hitam (yang lebih diminati) disebut Tsubo, sedangkan koi dengan bercak hitam yang menutupi warna merah disebut Kasane Sumi. Idealnya sanke harus memiliki Tejima ( 3 atau 4 garis hitam) pada sirip dada. Garis-garis itu terkadang juga ditemukan pada bagian sirip yang lain.

3. Showa

Shosa sansoku adalah jenis-jenis ikan koi yang dikenal dengan nama Showa. Dikembangkan pada akhir tahun 1920 an dengan menyilangkan Ki-Utsuri dengan Kohaku. Showa merupakan jenis koi non metalik dengan benang merah dan putih di atas warna dasar hitam. Selama bertahun-tahun jenis-jenis ikan koi ini mengalami perkembangan dalam trend.

4. Utsuri-mon

Jenis jenis ikan koi berikutnya adalah utsuri-mono. Utsuri adalah koi dwiwarna dengan dasar warna hitam. Wariasi warna bisa berupa belang putih (Shiro), Merah (Hi) atau Kuning (Ki). Utsuri dalam bahasa Jepang artinya bayangan, pola ikan ini cenderung berselang seling hitam dengan warna lain dan harus seimbang antara kedua sisi ikan dan sepanjang tubuh ikan yang proporsional. Pola kepala (Menware) pada jenis Utsuri hampir sama dengan Showa, Sumi (warna hitam) sebagai garis diagonal atau bentuk ā€œVā€ lebih disukai. Sumi harus menutupi seluruh tubuh hingga di bawah garis melintang tubuh ikan.

5. Bekko

Jenis jenis ikan koi yang berikutnya yaitu Bekko, Bekko adalah nama kelompok koi yang memiliki pola hitam pada dasar yang berwarna warni. Warna hitam (sumi) muncul dibagian punggung diatas garis melintang melintang tetapi tidak sampai kepala. Seperti Utsuri, Bekko merupakan jenis jenis ikan koi yang memiliki wariasi warna dasar seperti Shirro Bekko (Putih), Aka Bekko (merah), dan Ki Bekko (Kuning).

6. Asagi / Shusui

Asagi merupakan salah saru jenis jenis ikan koi tertua dan merupakan Asagi Magoi. Jenis ini memiliki punggung berwarna biru dan belang merah dibawah garis melintang tubuh ikan, serta warna merah pada bagian pipi dibwaha mata. Sisik yang berwarna biru memiliki tepian berwarna putih sehingga susunan sisik secara keseluruhan me

7. Koromo

Koromo adalah jenis-jenis kelompok koi yang merupakan kohaku sanke atau Showa dengan warna kehitaman atau kebiruan warna merah (hasil persilangan dengan asagi) ikan ini disebut koromo (yang dalam bahasa Jepang berarti berjubah)

8. Kawarimono

Kelompok terakhir dalam jenis koi non-metallic ini terdiri dari beberapa jenis yang tidak termasuk dalam kelompok oi manapun yang telah dijelaskan. Beberapa jenis yang terkenal antara lain Ghosiki (koi lima warna), Chagoi, Hajiro dan Midorigoi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *