Arwana, Raja Ikan Hias Asia Tenggara

Tidak ada komentar 52 views

Ikan hias airwana dapat kita jumpai di Asia tenggara, di Asia sendiri ikan arwana di juluki sebagai ikan naga karena mempunyai dua sungut yang berada di bawah bibirnya yang digunakan sebagai alat untuk mendeteksi mangsanya, Hal itulah yang menyebabkan ikan arwana juga sebut sebagai ikan predaror.

Arwana, Raja Ikan Hias Asia Tenggara

 

Arwana Asia (Scleropages formosus), atau Siluk Merah adalah salah satu spesies ikan air tawar dari Asia Tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang; sirip dubur terletak jauh di belakang badan.
Arwana Asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut “Ikan Naga” karena sering dihubung-hubungkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia.

Ada empat variasi warna yang terdapat di lokasi :
1. Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia
2. Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia
3. Emas, ditemukan di Malaysia
4. Merah, ditemukan di Indonesia

Ikan Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus akan “terancam punah” oleh IUCN tahun 2004. Jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia. Pengikut Feng Shui dapat membayar harga yang mahal untuk seekor ikan ini. Arwana mempunyai bentuk tubuh yang unik, yaitu memanjang dan ramping menyerupai pisau. Selain itu, arwana juga memiliki ciri khas tersendiri, yaitu dua buah sungut yang terdapat pada bibir bawahnya. Sungut tersebut berfungsi sebagai sensor getar untuk mengetahui posisi mangsa. Gerakan renang arwana sangat anggun dan sisik-sisiknya yang berkilau menambah indah sosok arwana. Arwana termasuk jenis ikan yang dilindungi karena ketersediaannya di alam dalam jumlah yang terbatas. Hal inilah yang menyebabkan mahalnya harga arwana. Meskipun harganya termasuk mahal, namun arwana tetap diminati oleh bayak orang karena keindahannya.

Jenis-Jenis Ikan Arwana:
1. Arwana Super Red, ikan ini berasal dari berbagai tempat di Provinsi Kalimantan Barat, seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red (Chili dan Blood Red)

2. Arwana Golden (Cross Back, Cross Back Golden,CBG), Ikan Arwana Golden varietas cross back merupakan bagian dari varietas arwana golden.Varietas ini dijumpai di berbagai tempat di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor.

3. Arwana Goldenn Red (Red Tail Golden,RTG), Ikan arwana ini merupakan varietas dari arwana golden dan sering di sebut sebagai Arwana Golden Indonesia.Varietas ini dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatera. Berbeda dengan Cross Back Golden (CBG), warna emas pada verietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik (baris sisik dihitung dari bawah, perut), atau lebih baik bisa mencapai baris ke lima.

4. Arwana Hijau (Green Arwana / Golden Pino), Arwana hijau ditemukan di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan juga di beberapa tempat di Indonesia.

5. Arwana Banjar, ikan ini boleh dikatakan merupakan varietas arwana merah kelas 2 dan diketahui bukan merupakan strain murni arwana merah.

6. Arwana Irian (Jardini),Warna yang dimiliki warna dasarnya adalah hitam kecoklat-coklatan dengan bintik-bintik kunign ke emasan pada bagian tengah sisik-sisiknya, bahkan di bagian kepala (pipi) sampai pada sirip & ekornya pun terdapat bintik-bintik kuning tersebut. Jardini berasal dari australia, meski sering ditemukan di pulau Irian.

7. Arwana Araipama Gigas, merupakan ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan kerabat arwana ini, pada saat dewasa bisa mencapai panjang lebih dari 3 meter, dengan berat sampai dengan 200 kg. Mereka termasuk dalam ikan yang bernapas dengan mengambil udara langsug dari atmosfer (obligate air breather).

8. Arwana Silver atau bisa disebut Arwana Brazil, ikan ini memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Dengan bentuk tubuh yang panjang dan sirip yang panjang pula, mulai dari bagian tengah badan sampai pada ujung ekor memberi kesan yang sangat anggun saat berenang.

Harga Ikan Arwana :
Banyak orang yang percaya jika memelihara ikan arwana sebagai ikan hias di rumah maka akan mendatangkan banyak keberuntungan bagi pemiliknya, tapi hal itu tergantung kepercayaan masing-masing saja. Tidak heran jika satu ekor arwana bisa dihargai sampai puluhan jutaan rupiah, woww harga yang cukup mahal hehe… berikut ini adalah daftar kisaran harga ikan arwana :
1. Super Red = Rp. 6.800.000,-
2. Golden (Cross Back, Cross Back Golden,CBG) = Rp. 20.000.000,-
3. Golden Red (Red Tail Golden, RTG) = Rp. 4.200.000,-
4. Banjar Merah = Rp. 1.800.000,-
5. Arwana Irian (Jardini) = Rp. 3.500.000,-
6. Arwana Silver = Rp. 2.000.000,-
7. Araipama Gigas = Rp. Rp 750.000 – 10.000.000,-
8. Arwana Hijau (Green Arwana / Golden Pino) = Rp. 4.200.000,-

Makanan Terbaik Untuk Ikan Arwana:
Ikan hias arwana memiliki keindahan pada warna sisik dan bentuk tubuhnya, namun demikian dalam memberikan makanan ikan hias arwana ini haruslah di perhatikan, mengapa? karena, makanan yang kurang tepat pada ikan hias ini akan menimbulkan warna sisik kurang cerah atau pudar. jadi sebaiknya anda harus lebih selektif dalam memberikan makanan pada ikan hias arwana ini.

Berikut saya rekomendasikan makanan yang baik bagi ikan hias arwana :

1. Cacing Darah Beku
Makanan jenis ini sangat cocok untuk pertumbuhan anakan ikan arwana yang berukurang kurang lebih 8 cm. Makanan ikan yang satu ini disamping memiliki gizi yang baik utnuk ikan juga sangat murah dan mudah anda dapatkan di penjual ikan hias biasanya.

2. Udang / Ruuh
Udang merupakan makanan yang baik untuk ikan hias arwana, mengapa demikian? karena, udang ini dianggap mampu memberikan perubahan warna yang baik pada sisik ikan hias arwana.Cara pemberiannya bisa anda silang dengan makanan yang lain, namun sebelum diberikan sebaiknya anda buang terlebih dahulu bagian sungut udang, karena sungut udang ini memiliki tekstur keras takutnya nanti mulut ikannya rusak.

3. Jangkrik
Jangkrik merupakan makanan utama untuk arwana kita, mengapa demikian ? karena jangkrik ini memiliki kandungan betacarotene yang dianggap mampu memberikan perubahan dan menjaga warna ikan arwana kita. Namun sebelum memberikan pakan ini sebaiknya kaki jangkrik harus di potong terlebih dahulu, karena akan merusak mulut dan perut arwana kita sama halnya dengan udang.

4. Kodok / Katak Kecil
Kodok juga merupakan makan yang baik untuk ikan arwana. Kodok mengandung lemak dan daging yang baik untuk pertumbuhan arwana kita. namun, jangan kodok ini jangan anda jadikan sebagai makanan utama karena jika terlalu banyak akan mempengaruhi warna arwana kita.