Belut, Si Licin yang menguntungkan

Tuhan menciptakan segala sesuatunya dengan sempurna, tanpa celah, dan bermanfaat bagi umat-Nya, begitu pula penciptaan-Nya dalam perairan tempat hidup makhluk-Nya. Tuhan menciptakan Air laut (kadar garam tinggi) dan Air tawar (kadar garam rendah). Pada kehidupan air tawar, terdapat berbagai jenis ikan yang dapat dikonsumsi oleh manusia untuk menunjang kehidupan sehari-harinya.Ikan belut, merupakan salah satu jenis dari ikan air tawar yang memiliki manfaat bagi manusia.

ikab belut

Ikan belut merupakan sejenis ikan yang memilki ukuran tubuh yang memanjang layaknya ular dan badannya yang licin. Belut memiliki nama latin Monopterus albus atau dalam bahasa inggris Asian swamp eel, tinggalnya biasanya di tanah liat atau gembur dan sering dijumpai pada perairan-peraian tropis di Indonesia. Ikan belut tidak memiliki rusuk dan tubuhnya berlendir.Hal inilah yang terkadang membuat orang menjadi kurang nyaman, padahal ikan belut berisikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia.Lalu, ikan belut memiliki bibir yang kecil serta gigi yang tajam. Warna tubuhnya tergantung di mana ia tinggal. Jika ia hidup di sawah, tubuhnya berwarna hijau agak kehitaman, sedangkan jika hidup di sungai tubuhnya berwarna kuning agak cokelat pada bagian punggungnya.

Ikan belut merupakan ikan dengan kandungan nutrisi baik bagi tubuh di dalamnya. Dari beberapa sumber, kami mendapatkan bahwa di dalam tubuh ikan belut, terdapat kalsium, lemak, fosfor, zat besi, kalori, karbohidrat, protein, vitamin A, vitamin B, omega 3, omega 6, vitamin C, Magnesium, asam folat, selenium, dan masih banyak lainnya. Dengan kelengkapan yang dimilikinya, Ikan belut memiliki khasiat baik, di antaranya Ikan Belut mencegah terjadinya anemia.

Ini karena zat besi yang dimilikinya mencegah tubuh untuk kekurangan sel darah merah.Selanjutnya, Ikan Belut juga menjaga kesehatan mata serta mengembalikan kejernihan pandangan.Lalu, karena kandungan fosfor yang dimilikinya, Ikan Belut berfungsi untuk menjaga kesehatan kuku, gigi, dan tulang.Ikan belut juga baik untuk ibu menyusui untuk menopang kebutuhan gizi.Ikan belut juga dapat mengobati masalah pencernaan yang terganggu.Dengan segala kebaikannya, bukan berarti Ikan Belut tidak memiliki kekurangan.Ikan Belut memiliki kandungan kolesterol jahat.Sehingga, dalam pengonsumsiannya, tidak boleh berlebihan.

Hidangan yang dapat dibuat atau diolah dengan bahan dasar Ikan Belut ialah belut goreng.Tidak diperlukan keahlian khusus dalam membuat belut goreng. Walaupun sederhana, kamu akan menikmati kelezatan belut goreng yang renyah dan menggugah selera makan. Selain itu, Ikan Belut juga dapat dimasak menjadi Ikan Belut Balado. Ikan Belut goreng yang kemudian ditaburi dengan cabai akan cocok untuk kamu makan siang bersama kerabat di kantor maupun keluarga di rumah .

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *