Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon

Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon – Ikan Cupang Halfmoon adalah salah satu dari jenis ikan hias yang memiliki sirip dan ekor yang berbentuk simetris menyerupai seperti bentuk setengah bulan. Ikan cupang halfmoon ini satu jenis dari ikan cupang yang berhasil di kembangkan dan merupakan hasil kawing silang oleh Peter Goettner sang breeder Amerika Serikat pada tahun 1980.

Baca juga: Ikan Hias Air Tawar Kingkong Parrot

Ikan Cupang halfmoon tidak hanya menampilkan keindahan dari fisik yang terlihat pada bagian sirip dan ekor saja namun hampir di seluruh bagian ikan cupang ini akan terlihat indah. Ikan cupang ini tidak hanya indah namun memiliki lekukan dan gerakan tubuh yang selalu anggung dan terlihat profesional.

Memelihara ikan cupang halfmoon tergolong cukup sulit. Hal yang tersulit dari ikan cupang halfmoon adalah ekor dan siripnya sering terkena kuman. Jika ekor dan sirip sudah terkena kuman, otomatis ekor dan sirip ikan tidak dapat mengembang. Oleh karena itu, perlu perawatan ekstra pada kedua bagian ini. Berikut beberapa perawatan yang perlu di perhatikan dalam memelihar ikan cupang halfmoon ini.

Aquarium Ikan

Biasanya Ikan Cupang ini di tempatkan pada wadah kecil dan di pisah secara satu ekor untuk satu tempat atau wadah, kareana ikan ini tidak bisa di campur dengan ikan cupang maupun ikan jenis lain, karena ikan cupang ini adalah ikan yang agresif jadi sering bertarung satu sama lain. Tetepi kalok boleh saya sarankan lebih baik anda memelihara ikan cupang hias halfmoon ini di tempatkan pada sebuah aqurium yang agak lebar karena ikan ini memiliki ekor dan sirip yang panjang, ini bertujuan agar ikan cupang hias halfmoon ini bisa berenang sesuka hatinya dengan leluasa. biasanya aquarium yang di pakai ukurannya adalah 15x15x20 cm, tapi untuk orang-orang yang pecinta atau penghobi ikan cupang ini biasanya mereka menggunakan aquarium ukuran 30x15x20 cm mereka melakukan ini gunanya untuk menyenangkan ika cupang tersebut dengan cara menempatkan pada aquarium yang agak besar.

Air Aquarium Ikan

Aquarium akan di isi ari PDAM yang telah di endapkan dalam waktu semalam, air sumur juga bisa untuk di gunakan tapi dengan satu sarat yaitu air sumur ini sebaiknya di endapkan lebih lama ini sama-sama berguna untuk menetralkan kandungan airnya dan mendapatkan air yang segar dalam artian berisi banayk oksigen.

Obat Ikan

Seperti yang telah saya katakan sebelumnya “akan saya beri tau obat alaminya agar ikan cupang anda tidak terkena kuman”, disini saya akan melanjutkan dan memberi informasinya kepada anda semua. Agar ikan cupang hias halfmoon anda cantik, bagus dan terhindar dari kuman maka anda perlu memberi sebuah obat cair yaitu adalah garam ikan dengan takaran sedikit dan ditambah dengan methyline blue, perbandingannya adalah satu tetes methyline blue untuk 6 liter air. Ada juga obat yang alami dan gratis yaitu dengan memakai daun ketapang yang sudah kering ini adalah salah satu cara untuk membuat ikan cupang hias halfmoon anda lebih sehat dan bagus.

Makanan Ikan

Ikan Cupang Jenis ini mempunyai pola makan yang sedikit berbeda mulai dari jenis makannya, takaran, serta jatah makan dalam sehari. Jenis makanannya ialah kutu air, cuk, cacing darah, dan lain-lain, untuk pemberian makan pada ikan cupang ini haruslah di kombinasikan oleh makanan yang lain. Takaran untuk makanan ikan cupang ini adalah secukupnya karena jika terlalu banyak maka akan mengotori aquarium dan membuat air menjadi kotor. sedangkan untuk jatah makannannya dalam sehari adalah 2x sehari dan ini terserah anda mau pagi sama sore atau siang sama malam, tapi kalok booleh saya sarankan lebih baiknya pada waktu pagi sama sore.

Kebersihan Aquarium Ikan

Untuk menjaga kebersihan aquarium dan menjaga air tetap bersih ini adalah salah satu cara untuk membuat ikan cupang hias halfmoon anda sehat dan terhindar dari penyakit atau kuman, maka dari itu anda harus rutin mengganti air dan membersihkan aquarium secara teratur yaitu 2 hari sekali tetapi air ini hanya di ganti setangahnya saja sedangkan untuk mengganti keseluruhan airnya gantilah pada sudah mendapatkan satu atau dua minggu dari hari pertama anda yang mengganti air dengan keseluruhan, jika ini di lakukan dengan benar ikan cupang hias anda pasti akan sehat dan terhindar dari penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *