Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Sehat dan Panjang Umur

Tidak ada komentar 889 views

Ikan mas koki atau yang dikenal dengan nama ikan koki merupakan salah satu jenis ikan peliharaan yang berasal dari Negara china. Ikan ini sebenarnya termasuk ke dalam jenis ikan mas. Bentuk ikan ini bulat dan pendek serta memiliki banyak jenis. Bahkan sudah tercatat setidaknya terdapat 130 jenis ikan mas koki yang tersebar di seluruh dunia. Ikan ini memang dikenal memiliki kombinasi warna warna yang indah seperti merah, oranye, putih, coklat, dan lainnya. Ikan mas koki ini dapat hidup hingga 10-25 tahun. Namun tentunya hal ini anda dapatkan dengan perawatan yang tepat. Nah berikut ini langkah merawat ikan mas koki yang tepat agar sehat, gemuk, dan panjang umur.

cara merawat ikan mas koki

  1. Membuat ikan mas koki beradaptasi
    Setelah anda membeli ikan mas koki ini, hal yang harus anda lakukan terlbeih dahulu adalah membuat ikan mas koki dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru. Hal ini merupakan langkah yang penting karena jika tidak ikan mas koki dapat stress dalam lingkungan yang baru bahkan dapat menyebabkan kematian. Untuk membuatnya beradaptasi sangat lah mudah, anda hanya perlu memasukkan ikan mas koki dan kantong plastiknya ke dalam akurium dan biarkan mengapung kurang lebih satu jam.
  2. Menyiapkan tempat yang cocok
    Biasanya ikan mas koki akan lebih bagus ditempatkan di dalam toples, namun ruang yang sempit tersebut malah akan membuat pertumbuhan ikan jadi terbatas bahkan membuatnya rentan terhadap penyakit. Berikanlah ruang yang layak setidaknya yang daoat membuat hidup ikan menjadi berkualitas. Perhatikan pula kadar ammonia di dalamnya harus sekitar 4-5 ppm.
  3. Memasang aerator
    Aerator merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengalirkan udara di air sehingga kandungan oksigen didalam air akan melimpah. Selain itu, dengan adanya aerator tentunya akan membuat hidup ikan mas koki menjadi nyaman seperti di habitatnya yang asli.
  4. Membersihkan akuarium secara rutin
    Sebisa mungkin rutinlah membersihkan akuarium tempat ikan dirawat. Pembersihan tergantung dari jumlah ikan yang dipelihara serta ukuran tempat ikan. Anda dapat menempatkan tanaman di dalam akuarium yang dapat menyerap ammonia, nitrat, dan nitrit yang dihasilkan dari limbah kotoran ikan. Anda juga dapat memberikan dechlorinator yang akan mengurangi tingkat chloramine.
  5. Cara memberi makan yang benar
    Pilihlah jenis makanan yang tepat untuk ikan mas koki anda. Pilihlah makanan yang memiliki kandungan protein yang lebih rendah dan karbohidratnya yang tinggi. Sebaiknya pilih bentuk makanan yang mengapung di air. Untuk menambah variasi makanan ikan mas koki, anda dapat menambahkan kacang polong tumbuk dan sayuran.

Nah itu tadi cara merawat ikan mas koki yang tepat agar menghasilkan ikan yang sehat, gemuk dan panjang umur. Semoga informasi diatas bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba.

Baca Juga :