Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Tetap Sehat

Cara Merawat Ikan Mas Koki Agar Tetap Sehat – Ikan koki atau sering disebut ikan mas koki merupakan ikan yang berasal dari negara Cina. Tercatat ada sekitar 130 jenis ikan mas koki yang tersebar di seluruh dunia. Ikan mas koki termasuk dalam keluarga Cyprinidae dan memiliki nama Latin Carrasius auratus. Ikan cantik ini juga merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak dipelihara oleh para penghobi ataupun pebisnis.

Baca juga: Jenis Ikan Mas Koki

Ikan koki yang masih satu kerabat dengan ikan mas Ciprinus carpio ini menurut para ahli ditemukan pada tahun 960-1279 M. Pada masa pemerintahan Dinasti Ming (1368-1644 M), ikan koki populer dan banyak dijual ke negara lain misalnya Jepang.

Ternyata kepopuleran ikan koki di Jepang malah melebihi perkembangan di negara asalnya. Maka, mulai dari Jepang kemudian ikan koki menyebar ke seluruh penjuru dunia termasuk Indonesia. Kemampuan ikan koki yang mudah beradaptasi dengan lingkungan baru menjadi sebab ikan ini cepat menyebar ke seantero dunia.

Nah berikut ini cara merawat ikan mas koki agar tetap sehat dan tidak mudah mati

Tempatkan pada Wadah yang Tepat dan Baik

Para pecinta ikan mas sebagain besar akan menempatkan peliharaan ikannya ini pada sebuah gelas kaca supaya menibulkan kesan yang artistik dan cantik, padahal gelas ini bukan pilihan waah yang tepat dan baik untuk merawat ikan mas koki. Gelas kaca yang sering banyak di gunakan para pecinta ikan hias ini biasanya ukuran dengan volume air yang kecil, meskipun terlihat kesan yang artistik namun untuk satu ikan mas koki saja tidak baik untuk di gunakan pada gelas kaca. Karena ikan mas koki ini mebutuhkan cukup oksigen, dan akuarium merupakan pilihan yang tepat dan baik untuk memelihara ikan mas koki. Dengan perukaan yang cukup besar leba menjadikan ikan mas koki dapat leluasa mendapatkannn udara pada permukaan air.

Pasang Aerator

Setelah pemilihan wadah yang tepat dan baik pada akuarium, langkah selanjutnya bisa kamu pasang Aerator untuk merawat ikan mas koki peliharaanmu. Karena Aerator ini memiliki fungsi utama untuk mengalirkan udara ke dalam air dalam akuarium, sehingga jumlah oksigen pada akuarium ini menjadi lebih meningkat dan baik. Fungsi Aerator ini juga yaitu untuk membuat air mengalir buatan, sehingga ikan mas koki ini terasa pada habitat aslinya.

Menambahkan Filter Air pada Akuarium

Dalam perawatan ikan mas koki ini membutuhkan air yang bersih, sehingga menjadikan ikan mas koki ini tubuh sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Karena fungsi filter air ini untuk menyaring kotoran atau sisa makanan ikan yang dapat berubah menjadi racun atau penyakit untuk ikan.

Berikan Pakan

Ikan mas koki merupakan jenis ikan yang doyan makan, namun meski demikian kita tidak boleh memberikan pakan untuk koki ini secara berlebihan untuk menghindari kegemukan. Cukup dengan memberikan pakan untuk koki ini sekali dalam satu hari secukupnya, karena jika kita memberikan pakan secara berlebihan akan menibulkan banyak penyakit dari kotoran ikan yang di keluarkan dan air dalam akuarium ini menjadi keruh. Ada beberapa pakan yang bisa anda berikan untuk ikan mas koki ini seperti cacing sutra, cacing darah, kutu air, dan pelet. Perlu anda perhatikan juga untuk menghindari memberikan pakan saat malam hari.

Berikan Lampu Pijar yang Redup

Lampu ini bertujuan untuk memperindah agar terlihat lebih cantik saat mala hari. Hindari penggunaan lamu yang berwarna putih dan terang agar tidak memberikan panas yang berlebihan.

Berikan Kerikil pada Akuarium

Menambahkan kerikil ini jauh lebih baik dari terumpu karang, karena kerikil ini tidak dapat mempengaruhi keasaman air, sedangkan terumbu karang dapat membuat air menjadi asam, karena jika air dalam akuarium terlalu asam akan mengganggu pertumbuhan ikan mas koki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *