Cara Mudah memelihara Ikan Piranha Di Aquarium

Cara Mudah memelihara Ikan Piranha Di Aquarium

Cara Memelihara Ikan Piranha di Akuarium | Kita tahu bahwa ikan piranha adalah ikan yang ganas dan buas. Piranha bisa memakan binatang lain yang jatuh di wilahnya dan hanya menyisakan tulang belulang saja.

Banyak juga film film yang mengeksploitasi ikan piranha sebagai ikan yang ganas dan ditakuti. Di adagean film menggambarkan orang yang datang ke wilayah ikan piranha dan habis dimakan habis olehnya, membuat image ikan ini semakin seram. Tetapi perlu diketahui bahwa sesungguhnya mitologi tentang keganasan ikan piranha tidak seutuhnya benar seperti yang di gambarkan dalam film film tersebut.

Ternyata ada sekitar 20 type piranha di Amazon yang omnivora. Mereka tidak hanya mengkonsumsi daging saja, tetapi mereka makan tumbuhan dan biji-bijian juga.

Di habitat aslinya, ikan piranha memakan ikan ikan lain seperti ikan type cichlid dan catfish. Ikan piranha kecil biasanya memakan cacing dan serangga. Terkadang piranha kecil juga makan sirip atau sisik ikan lain.

Pertama-tama piranha kecil akan mendekati diam diam ikan incarannya, kemudian dia akan menggigit sirip atau sisik ikan tersebut, yang membuat ikan tersebut kemudian lari cepat.

Ada piranha yang hidup bergerombol, yaitu pygocentrus caribe. Pygocentrus caribe pada umumnya akan mengincar target mangsa dengan berkelompok. Mereka akan mencari ikan yang lemah atau tidak sehat, karena ikan tersebut akan mudah didekati dan diserang tanpa bisa lari menjauh.

Jenis piranha lain yang juga berkelompok adalah genus pygocentrus. Umumnya jenis ini akan menjadi lebih ganas pada waktu musim kering, dimana air sungai Amazon jadi surut. Hal ini menyebabkan terbentuknya danau danau kecil yang terpisah dari aliran sungai besar.

Danau danau kecil itulah yang membuat beberapa piranha terpisah sehingga menjadi beberapa klompok kelompok kecil. Karena air surut ikan ikan lain sebagai mangsanya juga berkurang atau bahkan menjadi habis tak tersisa. Situasi ini membuat piranha dalam danau danau kecil menjadi kelaparan, dan mereka bisa menjadi kanibal dengan saling memangsa satu sama lain.

Pada waktu tersebut sangat beresiko bagi manusia yang masuk berenang ke danau tersebut yang dipenuhi ikan piranha yang kelaparan. Masyarakat di sekitar sungai Amazon memahami situasi dimana ikan piranha dapat menjadi sangat beresiko seperti di danau danau kecil yang terisolasi di waktu musim kering.

Mereka punya kebiasaan mandi dan menangkap ikan di sungai sungai Amazon dan mereka tidak merasa takut atau cemas digigit ikan piranha. Bahkan mereka memburu ikan piranha untuk dikonsumsi karena ikan piranha ikan yang enak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *