Ciri-ciri Ikan Arwana Golden Red

Ciri-ciri Ikan Arwana Golden Red – Ikan arwana super red memiliki nama latin Scleropages formosus memang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Masyarakat Kawasan Asian Tenggara lebih mengenal ikan ini dengan nama “Siuk Naga”. Nama ini diambil dari bentuk tubuh ikan menyerupai naga yang merupakan legenda hewan purba yang dipercayai ada oleh orang Asia dan Eropa.

Baca juga: Ikan Hias Air Laut Lion Fish

Ikan Arwana Super Red adalah salah satu jenis ikan arwana endemic yang berasal dari Sungai Kapuas dan Sentarum Kalimantan Barat, Indonesia. Ikan yang terkenal dengan warna merah merona yang khas ini memiliki daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Ikan arwana super red sudah mulai susah ditemukan di habitat aslinya. Berikut ini akan kami beritahukan mengenai ciri-ciri ikan Arwana Super Red

Bentuk dan Ukuran Tubuh

Bentuk ikan Arwana Golden Red sebagaimana jenis Arwana lainnya. Memanjang dengan sisik yang besar-besar. Ukuran tubuhnya bisa mencapai 40 cm. Biasanya pada ukuran 20-25 cm saja sudah diperjualbelikan. Anakan Golden Red hampir susah dibedakan dengan anakan spesies lain. Makanya sebaiknya kalau mau membeli ikan ini saat ukurannya sedang sekitaran 15-20 cm. Biar langsung ketahuan ini jenis Red-Tail atau bukan.

Warna Kulit, Sisik, Sirip, Punggung

Warna dasar kulit dari Arwana Golden Red bisa bermacam-macam. Mulai dari hitam, biru, hijau maupun emas. Makanya terkadang penampakkan satu ikan Golden Red dengan yang lainnya berbeda. Tergantung dari warna dasar kulitnya ini. Namun kalau urusan sisik dan sirip sama semua. Sisiknya warna emas, siripnya warna merah dan punggungnya kehitaman.

Yang membedakan spesies ini dengan jenis Arwana berwarna emas lainnya yaitu pada proporsi warna emas itu sendiri. Kalau Golden Red itu warna sirip emasnya hanya sampai baris ke-4, jika dihitung dari bawah perut. Jika sudah habis warna emas ini biasanya akan muncul warna kemerahan yang kemudian bertemu dengan punggung yang gelap.

Ciri-Ciri Sirip, Ekor, Sisik dan Sungut

Bentuk tubuh ikan Arwana Golden Red yang memanjang membuatnya nampak seperti tidak memiliki sirip punggung. Padahal ada, di dekat ekornya. Sirip perutnya juga ada. Pun dengan sirip di dekat ekor. Warna siripnya emas campur kemerahan. Inilah yang membuatnya dinamakan Golden Red.

Arwana Golden Red punya sisik yang tegas. Diameter sisiknya pun besar-besar. Nampak sekali sekat-sekat sisiknya. Ada yang unik dari ikan ini, yaitu memiliki Sungut di dekat bibirnya. Tapi sungutnya nampak besaran seperti dua buah duri yang tertancap. Sungutnya ini juga agak keras dan tebal, tidak seperti sungut Catfish (ikan lele) yang seperti kumis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *