Ciri-ciri Ikan Louhan Jenis Kamfa

Ciri-ciri Ikan Louhan Jenis Kamfa – Ikan Louhan Kamfa merupakan merupakan hibrid dari jenis flowerhorn disilangkan dengan spesies dari genus Vieja atau dengan parrot cichlid /perrot.Perkawinan silang ini membawa beberapa sifat baru, seperti mulut pendek, wrap tail, mata cekung, dan jenong semakin besar. Ikan Louhan kamfa ini dikenal lebih agresif /galak dibanding dengan jenis louhan lainnya. Kamfa juga menyukai air lama /air yang sudah diendapkan/di diamkan minimal 24 jam. Dengan PH idealnya 7.5 dan suhu hangat 26-28 derajat.

Baca juga: Ciri -Ciri Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Biasanya ikan Louhan di kenal sebagai ikan yang memiliki keunikan jidat ataupun jenong yang sangat besar. Salah satu jenis Louhan yang mempunyai ukuran jenong besar yaitu berjenis SRD (Super Red Dragon). Namun berbeda dengan jenis ikan Louhan Kamfa, jenis yang satu ini keunikannya bukan berada di bagain jenong, melainkan di corak pada tubuh ikan. Untuk jenong Louhan Kamfa memanglah tak bisa sebesar Louhan SRD, tetapi corak tubuh Louhan Kamfa lebih indah dari pada jenis Louhan lainnya.

Berikut ini ciri-ciri Louhan Kamfa.

Bentuk Tubuh Ikan Louhan Kamfa

Ciri – ciri yang pertama untuk dapat membedakan ikan louhan kamfa dengan ikan louhan jenis lain adalah dengan melihat bentuk tubuhnya. Bentuk tubuh ikan louhan kemfa anakan agak persegi dan lebih pajang dari ukuran louhan pada umumnya. Selain itu ukurun sirip tubuh ikan louhan kamfa lebih panjang dan melebar.

Warna Mata Ikan Louhan Kamfa

Ikan louhan kamfa kualitas kualitas biasa memiliki warna mata kuning keputihan. Selain memilik warna mata kuning dan putih, ada juga ikan louhan kamfa yang memiliki warna mata terang merah. Untuk jenis warna ikan louhan kamfa seperti ini sangat langka, dan jika pun ada pasti harga ikan louhan seperti ini menjadi lebih mahal. Bentuk mata ikan louhan kamfa kecil dan cenderung cekung agak kedalam.

Bibir Ikan Louhan Kamfa

Untuk ciri-ciri bibir ikan louhan kamfa sangatlah mudah untuk dibedakan. Ikan louhan kamfa memiliki bibir yang rata, yaitu bagian atas dan bawah bibir sama panjang dan rapat. Beda dengan ikan louhan pada umumnya yang memiliki ukuran bibir bawah lebih besar.

Corak Warna Ikan Louhan Kamfa

Ukuran sisik ikan louhan kamfa beda dengan ikan louhan lainnya. Ikan louhan kamfa memiliki ukuran sisik yang lebih besar dan tebal. Faktor ini juga yang mengakibatkan harga ikan ikan louhan kamfa lebih mahal. Sedangkan pola corak warna ikan louhan kamfa meyerupai bunga, lebih besar dan lebih tertata rapih.

Warna Ikan Louhan Kamfa

Untuk warna ikan louhan kamfa, hampir sama dengan jenis ikan louhan cencu. Ikan louhan kamfa dan cencu sama-sama memiliki dasar merah dan hijau kekuningan saat masih anakan. Ciri khas warna dari ikan louhan cencu adalah, ikan louhan jenis ini lebih dominana warana merah muda dari kepala hingga ujung ekor. Sedangkan untuk ikan louhan cencu dewasa berwarna merah kekuningan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *