Ciri -ciri Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon)

Ciri -ciri Ikan Louhan SRD (Super Red Dragon) – Ikan louhan super red dragon (SRD) merupakan ikan louhan jenis chencu yang memiliki warna merah menyala pada bagian tubuh dari kepala sampai setengah badannya. Bisa dibilang ikan louhan super red dragon yang paling banyak dicari dan terbaik diantar jenis ikan louhan lainnya. Ikan louhan super red dragon (SRD) sangat familiar dan populer di kalangan pengkolektor ikan louhan di kawasan Asia Tenggara mulai dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Kamboja, Thailand, Vietnam, dan bahkan hingga Benua Eropa.

Baca juga: Cara Merawat Ikan Cupang Halfmoon

Ciri khas dari ikan louhan super red dragon (SRD) diantarannya yaitu memiliki dua bagian tubuh yang berbeda warna, yaitu merah dan kuning dan memiliki corak mutiara. Yang menjadi keunikan dari jenis ikan louhan super red dragon ini adalah memiliki jenong terbesar dari ikan louhan jenis lainnya.

Ciri-ciri Louhan SRD

1. Corak Warna Ikan Louhan SRD

Tentu yang paling penting dan menjadi daya tarik dari ikan louhan adalah warna sisik pada tubuhnya. Ikan louhan SRD dengan kualitas baik akan memiliki dua bagian warna tubuh yang berbeda. Pada bagian kepala dan jenong sampai ke bagian tengah akan berwarna merah terang, sedangkan pada bagian tengah tubuh ke ekor berwarna kuning maupun silver. Ikan louhan SRD juga memiliki pola hitam bunga berukuran besar pada tubuhnya, dari kepala hingga ekor.

2. Bentuk Jenong Ikan Louhan SRD

Ikan louhan SRD merupakan jenis ikan louhan yang memiliki bentuk jenong terbesar dibandingkan dengan jenis ikan louhan lainnya. Jenong ikan louhan SRD bisa berukuran dua kali lipat dibandingkan dengan ukuran jenong ikan louhan pada umumnya. Inilah yang menjadi salah satu ciri khas dan penyebab ikan louhan super red dragon memiliki harga sangat mahal.

3. Bentuk Tubuh Ikan Louhan SRD

Bentuk tubuh ikan louhan SRD persegi memanjang, dan mengecil pada bagian ekornya. Ikan louhan SRD dewasa bisa memiliki ukuran hingga 40 cm dari jenong hingga ujung ekor dalam usia kurang lebih 10 tahun. Bentuk sirip ikan louhan jenis ini besar, panjang, dan tidak mudah layu (kaku) disaat berenang.

4. Warna Mata Ikan Louhan SRD

Yang menjadi ciri khas dan keunikan ikan louhan SRD adalah warna matanya. Mata ikan louhan SRD berwarna merah pekat dan pada bagian tengah berwarna hitam. Semakin merah warna mata ikan louhan SRD maka akan semakin mahal pula harganya. Tetapi ada juga warna mata jenis ikan louhan SRD yang tidak berwarna merah, tapi berwarna kurang maupun putih. Ada dua jenis ikan louhan SRD, yaitu ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal, berikut perbedaan dan harga terbarunya.

Perbedaan Ikan Louhan SRD Thailand dan Ikan Louhan SRD Lokal

Ikan louhan super red dragon dibagi menjadi dua jenis, yaitu ikan louhan SRD Thailand dan ikan louhan SRD lokal. Tentu ikan louhan SRD Thailand lebih mahal dan lebih cantik ketimbang versi lokalnya. Bagi seorang pemula tentu sangat sulit untuk membedakan kedua jenis ikan louhan ini. Berikut harga dan beda ikan louhan SRD thailand dan ikan louhan SRD lokal.

Ikan Louhan SRD Thailand

Sebenarnya sangatlah mudah membedakan kedua jenis ikan ini. Seperti namanya, ikan louhan SDR Thailand merupakan hasil persilangan antar ikan louhan cencu dan ikan louhan merah asal Thailand. Ikan ini berhasil dipersilangkan disana dan menjadi ikon dari ikan louhan Thailand karena memiliki warna yang lebih terang. Ikan louhan SRD tailand memiliki perpaduan warna merah dan kuning yang sangat kontras dan pada jenong ikan berukan lebih besar dan berwarna merah. Bintik hitam pada tubuh ikan juga terlihat sangat jelas dan berwarna lebih pekat.

Ikan Louhan SDR Lokal

Ikan louhan SRD lokal merupakan hasil budidaya dan replika genetik yang berhasil didapatkan oleh pembudidaya ikan louhan di Indonesia. Ciri-ciri dari ikan louhan SRD lokal adalah ikan ini memiliki dun bagian warna tubuh yang berbeda, yaitu merah dan silver keputihan. Ukuran tubuh dan jenong ikan louhan SRD lokal lebih kecil, berwarna merah serta ada corak mutiara dibagian atasnya. Masalah harga, tentu ikan louhan SRD lokal lebih murah dibandingkan dengan ikan louhan SRD Thailand.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *