Ciri Dan Mengatasi Ikan Louhan Stress

Ciri Dan Mengatasi Ikan Louhan Stress – Ikan Louhan merupakan jenis ikan hias air tawar yang cukup populer untuk di pelihara. Ikan yang satu ini pun memiliki keunikan berupa jenongnya yang besar seperti bola pim pong dan corak tubuh yang sangat menarik. Namun, ternyata ikan louhan pun juga memiliki kesamaan seperti manusia, dimana ikan ini bisa stress juga loh gaes.

Baca juga: Jenis Ikan Guppy Termahal Dan Populer

Lantas bagaimana cara mengetahui jika ikan louhan sedang stress? Ada banyak cara merawat ikan louhan stress yang dapat Anda lakukan, Anda juga bisa mengetahui ikan louhan Anda stress atau tidak dapat dilihat dari ciri atau tanda-tandanya. Jika terlihat tanda-tanda tak wajar pada ikan louhan tersebut, itu artinya ikan louhan Anda sedang bermasalah dan Anda harus segera mencari solusinya.

Berikut Ciri-ciri louhan yang sedang stress

– Warna tubuhnya menjadi pudar atau belang-belang kehitaman
– Bagian jenong di atas kepalanya mengecil bahkan kempis
– Nafsu makannya berkurang drastis hingga tidak mau makan
– Ikan terlihat pasif dan suka menyendiri di sudut akuarium
– Ikan gampang merasa kaget apabila didekati tangan

Jika ikan louhan yang Anda pelihara sekarang terdapat seperti ciri-ciri di atas, Anda harus segera memberikan peratan ekstra kepada ikan agar dapat normal seperti biasa. Berikut ini cara yang bisa Anda coba.

1. Pasang water heater untuk menjaga kestabilan suhu di dalam air akuarium. Adapun temperatur yang disarankan berkisar antara 28-31 derajat celsius. Biasanya dalam kondisi yang hangat, ikan akan bergerak lebih aktif dan nafsu makannya meningkat.

2. Cek kondisi tingkat keasaman pada air tersebut. Anda bisa menggunakan alat khusus untuk mengecek pH air. Jika kondisi air terlampau asam, Anda bisa memberikan air rendaman daun ketapang secukupnya. Hati-hati, jangan terlalu banyak memberikan air daun ketapang karena dapat mengeruhkan akuarium.

3. Ikan yang sedang stres sebaiknya dipindahkan ke akuarium karantina terlebih dahulu. Setiap akuarium khusus ini hanya boleh diisi dengan seekor ikan louhan. Hal ini dimaksudkan agar Anda bisa lebih mudah dalam memantau kondisi kesehatan ikan dan ikan pun bisa merasakan lebih nyaman.

4. Usahakan supaya kondisi air senantiasa bersih. Anda bisa memakai sipon untuk menjaga kebersihan akuarium secara lebih efektif.

5. Akuarium karantina wajib diletakkan pada ketinggian 80 cm di atas permukaan lantai rumah. Ini bertujuan supaya posisi akuarium tetap stabil dan suhu airnya pun terjaga dengan baik.

6. Ikan louhan yang sedang mogok makan sebaiknya dipuasakan selama 2 hari berturut-turut. Setelah itu, berikan makanan ikan louhan sedikit saja untuk menguji apakah ikan tersebut sudah mau makan. Jika umpan tetap tidak dimangsa dalam waktu lebih dari 10 menit, Anda harus mengambil kembali umpan tersebut agar tidak mengotori air. Lalu berlanjut dengan memberikan umpan yang lebih menggoda selera.

7. Ciptakan lingkungan yang sangat tenang di sekitar akuarium. Anda bisa menutupi seluruh bagian samping akuarium menggunakan kertas. Jangan lupa juga matikan lampu utama yang berfungsi untuk menerangi akuarium. Hindari menengok ikan secara terus-menerus. Biarkan ikan louhan tersebut beristirahat dengan baik.

8. Apabila ikan louhan tetap tidak menunjukkan perubahan kondisi yang membaik, Anda bisa memberinya obat penambah nafsu makan atau vitamin khusus untuk ikan. Anda bisa berkonsultasi kepada penjual di toko ikan hias terdekat untuk meminta saran obat apa yang paling cocok untuk menangani kasus tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *