Cupang, Ikan Elok Nan Menggemaskan Hati

Ikan air tawar merupakan ikan yang hidup di perairan dengan kadar garam dan mineral yang sedikit, tidak seperti di lautan. Perairan ini meliputi sungai, danau, waduk, dan lainnya.Terdapat beragam jenis komunitas yang hidup di dalamnya.Ikan yang merupakan makhluk hidup penghuni perairan, tentu saja ada yang tinggal di perairan air tawar.Terdapat macam-macam ikan yang hidup di air tawar.Mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar.Mulai dari ikan koi, gurame, sampai ikan arwana.Ikan-ikan yang hidup di air tawar memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik untuk dikonsumsi, dipelihara, maupun dijadikan ikan hias.

ikan cupang

Ikan hias air tawar merupakan jenis ikan hias yang tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi. Biasanya ikan hias yang dikelompokkan sebagai kesenangan diletakkan di akuarium, sedangkan untuk pemeliharaan biasanya di kolam. Ikan hias untuk kesenangan biasanya tergantung oleh sang pemilik, sedangkan untuk pemeliharaan biasanya melihat keadaan pasar dan selera masyarakat. Salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer di kalangan masyarakat ialah ikan cupang.

Ikan cupang, yang bernama latinBetta sp.merupakan ikan yang habitat aslinya berada di Asia Tenggara, meliputi Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan ini memiliki bentuk yang unik dan memiliki sifat yang agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Ikan cupang merupakan salah satu jenis ikan yang kuat dalam bertahan hidup pada jangka waktu yang lama, sehingga apabila Ikan Cupang ditempatkan pada wadah dengan volum air yang sedikit, ia masih bisa bertahan hidup. Bagi para penggermar ikan hias, terdapat tiga jenis Ikan Cupang, di antaranya adalah Ikan Cupang Hias, Ikan Cupang Adu, dan Ikan Cupang Liar. Kali ini, kita akan membahas Ikan Cupang hias.

Karena keunggulannya yang mampu bertahan hidup pada tempat yang miskin oksigen, hal ini menjadikan Ikan Cupang semakin diminati oleh orang-orang untuk dipelihara.Ikan cantik ini mudah dalam pemeliharaannya.Ia biasanya ditempatkan di akuarium. Akan tetapi, di dalam toples pun ia masih bisa untuk bertahan hidup. Hal ini dipengaruhi oleh rongga labirin yang dimilikinya.Orang-orang pecinta Ikan Hias memilih untuk memelihara Ikan Cupang karena keunikan yang dimilikinya.

Ia memiliki bentuk yang kecil, bulat, dengan ekor yang panjang. Warna yang dimilikinya pun beragam. Saat ini, spesies Ikan Cupang yang beredar di masyarakat umumnya berasal dari kelompok splenden complex, yakni yang meliputi Betta splendens, Betta stiktos, Betta smaragdina, dan Betta imbelis. Untuk jenis-jenis lainnya yang terdapat di pasaran, sebagian besar merupakan hasil persilangan Ikan Cupang yang telah ada.Oleh karena itu, tak heran jika orang-orang banyak yang menyukai jenis ikan hias ini karena kecantikan yang dimilikinya dan membuat suasana hati pemiliknya menjadi gembira.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *