Daftar Ikan Hias Paling Terkenal Dan Populer Di Dunia

Daftar Ikan Hias Paling Terkenal Dan Populer Di Dunia

Berbagai jenis Ikan hias cukup dikenal oleh masyarakat sebagai hiasan aquarium. Saat ini, perkembangan ikan hias di Indonesia mengalami kemajuan yang terus meningkat terutama jenis ikan hias air tawar asli Indonesia. Dari beberapa jenis ikan hias, tidak semuanya telah dapat dibudidayakan. Dalam menternakkan ikan hias harus diperhatikan bahwa masing-masing jenis mempunyai sifat dan kebiasaan hidup yang berbeda-beda, misalnya dalam cara pemijahan, bertelur ataupun menyusun sarangnya. Berikut ini ada lima ikan hias air tawar yang paling terkenal di dunia.

Ikan Oscar (Astronotus)

Ikan Oscar (Astronotus)

Astronotus adalah sebuah ikan dari familia Cichlidae. Ada dua spesies dalam genus ini, keduanya ditemukan di Amerika Selatan. Mereka adalah omnivora dan memakan ikan kecil, moluska, dan binatang tidak bertulang belakang. Salah satu spesies, Astronotus ocellatus, terkenal sebagai ikan hias dan sering dipelihara di aquarium, dan dikenal dengan nama ikan Oscar. A. crassipinnis jarang diekspor dan dijual sebagai ikan hias. Ikan Oscar merupakan jenis ikan hias air tawar yang di sukai oleh konsumen baik didalam negeri maupun luar negeri adalah ikan oscar.

Ikan Gupi

Ikan Gupi

Ikan (Poecilia Reticulata) adalah salah satu spesies ikan hias air tawar yang paling popular di dunia. Karena mudahnya menyesuaikan diri dan beranak-pinak, di banyak tempat di indonesia ikan ini telah menjadi ikan liar yang memenuhi parit-parit dan selokan. Tiap spesies memiliki corak ekor yang menjadi penanda kepada spesies tersebut. Kelebihan gdpi ialah selain corak ekor yang indah dan beragam yaitu pemeliharaan ikan ini cukup mudah dan mudah dikembangbiakkan.

Ikan Lau Han

Ikan Lau Han

Ikan Lou Han (Flowerhorn), adalah salah satu jenis ikan hias terkenal yang dipelihara di dalam akuarium karena warna sisik mereka yang hidup serta benjolan kepala mereka yang berbentuk khas berjuluk “benjol kelam”. Aslinya mereka hanya berhabitat di Malaysia dan Taiwan, namun saat ini banyak dipelihara oleh penggemar ikan di seluruh dunia. Namun, beberapa kritikus telah mempertanyakan dampak dari program-program penyempurnaan ikan ini.

Ikan Cupang

Ikan Cupang

Ikan cupang adalah ikan hias air tawar yang habitat asalnya yaitu beberapa Negara di asia tenggara, antara lain indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan cupang mempunyai bentuk dan karakter yang unik dan cenderung agresif dalam mempertahankan wilayahnya. Di kalangan penggemar, ikan cupang umumnya terbagi atas tiga golongan, yaitu cupang hias, cupang aduan, dan cupang liar. Di Indonesia terdapat cupang asli, salah satunya adalah Betta channoides yang ditemukan di Pampang, Kalimantan Timur. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang kuat bertahan hidup dalam waktu lama sehingga apabila ikan tersebut ditempatkan di wadah dengan volume air sedikit dan tanpa adanya alat sirkulasi udara (aerator), ikan ini masih dapat bertahan hidup.

Arwana Asia

Arwana Asia

Arwana Asia (Scleropages formosus) merupakan salah satu sepsis ikan air tawar asia tenggara. Ikan ini memiliki badan yang panjang, sirip dubur terletak jauh dibelakang badan. Arwana asia umumnya memiliki warna keperak-perakan. Arwana Asia juga disebut “Ikan Naga” karena sering dikaitkan dengan naga dari Mitologi Tionghoa. Arwana Asia adalah spesies asli sungai-sungai di Asia Tenggara khususnya Indonesia. Ada empat varietas warna yang terdapat di lokasi: Hijau, ditemukan di Indonesia, Vietnam, Birma, Thailand, dan Malaysia. Emas dengan ekor merah, ditemukan di Indonesia. Emas, ditemukan di Malaysia. Merah, ditemukan di Indonesia. Arwana Asia terdaftar dalam daftar spesies langka yang berstatus “terancam punah” oleh IUCN tahun 2004. Seiring perkembangan zaman, jumlah spesies ini yang menurun dikarenakan seringnya diperdagangkan karena nilainya yang tinggi sebagai ikan akuarium, terutama oleh masyarakat Asia.

Baca juga: Jenis Ikan Gabus Toman Sebagai Ikan Hias Air Tawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *