Dori, Si Ikan Blue Tang

Tidak ada komentar 947 views

Ikan ada yang hidup di perairan laut dan perairan tawar. Ikan-ikan yang habitatnya di laut, hidup dengan kadar garam dan mineral yang tinggi, sedangkan pada perairan tawar ikan-ikan hidup dengan mengandalkan air dengan kandungan garam serta mineral yang rendah. Perairan tawar meliputi sungai, rawa-rawa, danau, maupun waduk.Baik ikan yang ada di laut maupun di sungai/danau memiliki manfaat bagi manusia.Manfaat yang didapatkan dapat berupa untuk konsumsi, peliharaan, hingga ikan hias.

ikan blue tang

Laut yang merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup di dalamnya, memiliki beragam jenis ikan yang cantik.Di antaranya, ikan-ikan tersebut dapat dijadikan ikan hias bagi mereka yang hobi atau menyukai.Terdapat beberapa jenis ikan yang dijadikan sebagai ikan hias oleh para penggemarnya. Bagi kamu penikmat sinema animasi bioskop keluaran Disney, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan Film yang berjudul “Finding Nemo”, di sana terdapat ikan berwarna biru yang merupakan teman Nemo, si Clownfish. Ya,itu adalah Dori.  Dalam dunia nyata, Dori adalah salah satu jenis dari ikan yang bernama Ikan Blue Tang atau si Ikan Devil.Ikan ini memiliki tubuh yang pipih serta lebar.Motif tubuhnya yang unik dan warnanya yang mencolok menjadikannya sebagai ikan hias. Nama ikan ini menyeramkan karena sifat ikan ini yang ganas, agresif, dan tahan banting.

Dori, atau yang dikenal dengan nama latin paracanthurus hepatustermasuk dalam jenis ikan herbivora yang hidup di daerah terumbu karang. Ikan Devil ini dapat ditemukan di berbagai wilayah perairan.Afrika Timur, Jepang, Brazil, New Caledonia, dan bagian lain Samudera Pasifik. Ikan ini hidup di daerah yang dekat dengan terumbu karang, karena di sana terdapat banyak makanan. Selain itu, Ikan ini berada dekat dengan pantai yang banyak bebatuan dan rumput laut.Ketika kamu menyelam dan menemukan ikan ini, sebaiknya jangan dipegang.Hal ini dapat membahayakan kamu karena tubuhnya yang tajam. Tubuhnya terdesain seperti itu sebagai suatu bentuk ia untuk melawan pemangsa. Memang, hal ini bertentangan dengan karakter Dori di film yang lucu dan menggemaskan.

Untuk kamu yang ingin memelihara ikan hias di akuarium kamu, mungkin dengan menambahkan Ikan Blue Tang ini dapt menjadi altenatif buat kamu yang masih bingung.Ikan Blue Tang ini merupakan ikan yang cocok untuk mereka, pemula yang ingin mengembangkan hobi memelihara ikan hias di akuarium air asinnya.Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan Ikan Blue Tang ini ke dalam akuarium kamu, mungkin bersama Clownfish atau si Nemo temannya di Film Finding Nemo.Wah, menyenangkan sekali untuk memiliki mereka secara bersamaan dalam satu tempat!

Baca Juga :