Fakta Unik dari Ikan Badut (Clown Fish)

Pernah nonton film ikan Badut (Clown Fish)dari laut seperti “Finding Nemo” atau “Finding Dori” kan? Tokoh – tokoh dalam film tersebut merupakan jenis ikan laut. Banyak jenis ikan laut yang bentuk dan warna nya lucu dan indah.Hal tersebut bisa membuat kita ingin memilikinya dan memeliharanya di rumah.Ikan laut memang sudah menjadi hewan peliharaan sebagai ikan hias bagi banyak orang dan penggemar – penggemarnya, baik bagi pemula maupun yang sudah ahli dalam memelihara ikan laut.Karena ikan ini sangat cantik dan unik.

ikan badut

Namun, jika kalian ingin memelihara ikan hias dari laut ini di rumah, maka kalian akan perlu memiliki aquarium terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan biasanya kolam di rumah diisi oleh ikan jenis air tawar. Ikan jenis air laut selain memerlukan air yang berbeda dengan ikan air tawar, mereka juga memiliki treatment khusus yang special dilakukan hanya pada ikan air laut, misalnya seperti pengaturan makanan dan lingkungannya. Lebih lengkapnya, inilah dia, si aktor utama dalam film Finding Nemo, yaitu ikan Badut (Clown Fish). Nemo yang diceritakan dalam film tersebut adalah ikan badut atau di luar negeri biasa disebut Clown Fish. Ikan ini memiliki nama ilmiah Amphiprioninae. Memang belum diketahui secara pasti mengapa ikan ini dijuluki ikan badut, dugaan sementara mungkin karena corak di badannya yang mirip dengan kostum badut.

Yang pasti, ikan Badut (Clown Fish)ini tergolong ke dalam sub family dari Amphiprioninae yang telah ditemukan ke dalam banyak varian warna. Kebanyakan memiliki 2 sampai 3 garis berwarna putih, sehingga membuatnya mudah sekali untuk dibedakan.Meskipun ikan ini coraknya tidak berlaku untuk jenis ikan badut yang sigung orange.Karena jenis ini Cuma ada 1 garis membentang di bagian kepala sampai tulang belakang.Ikan ini suka sekali dengan perairan yang tropis, misalnya saja seperti di Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Yang lebih sering ditemukan di area laut merah, dan di great barrier reef yang ada di bagian timur laut Jepang, Australia, dan juga di kawasan Indonesia dan Malaysia. Untuk spesiesnya, ikan ini memiliki 28 spesies yang hidup di area dasar laut.

Selain itu, yang paling menariknya lagi adalah, ikan ini ternyata kebal dengan sengatan dari tentakel anemone, juga mempunyai hubungan simbiosis yang memakan tentakel anemone yang mati.Itulah sedikit ulasan dari ikan Badut (Clown Fish)yang bisa Anda jadikan sebagai referensi untuk Anda yang menyukai ikan hias yang unik.Segera hiasi ruang di rumahmu dengan keberadaan ikan – ikan tersebut.Ikan laut yang satu ini juga sudah banyak di jual di tempat – tempat ikan dan harganya juga lumayan terjangkau.

Baca Juga :

Save

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *