Fakta Unik Ikan Arapaima Gigas Yang Sempat Gegerkan Warga

Ikan Arapaima Gigas – Arapaima gigas merupakan salah satu jenis ikan air tawa yang tergolong dalamn ikan predator penghuni sungai Amazon. Saat ini ikan Arapaima sedang ramai diperbincangkan oleh warga sekitar yang tinggal di Jawa Timur khususnya, pasca pelepasan belasan ekor ikan oleh seorang kolektor di Sungai Brantas Mojokerto.

Baca juga: 5 Ikan Air Tawar Yang Paling Berbahaya

Ikan yang memiliki ukuran tubuh sangat besar itu membuat gempar masyarkat setelah menteri perikanan dengan tegas meminta agar ikan yang berhabitat asil dari sungai Amazon itu ditangkap kembali dan dimusnahkan. Ikan tersebut dilarang hidup bebas di perairan Indonesia, sebab dinilai dapat mengganggu keseimbangan ekosistem perikanan.

Selain dianggap sebagai ikan perusak, ternyata arapaima juga punya fakta menarik yang menghebokan para warga. Beriku ini fakta unik mengenaik ikan Arapaima Gigas.

Ikan Pemakan Daging

Arapaima gigas merupakan ikan yang cukup berbahaya, terutama untuk ikan asli Indonesia karena ikan tersebut merupakan karnivora atau predator alias hewan pemakan daging yang biasa memangsa hewan lain. Mereka biasa memakan ikan jenis lain, krustasea, katak, burung yang dijumpai di sekitar permukaan perairan.

Berasal Dari Sungai Amazon

Ikan Arapaima gigas aslinya berasal dari daerah aliran sungai (DAS) Amazon, Brasil. Selain itu, ikan ini juga dijumpai di negara-negara lain sepanjang Sungai Amazon lainnya, yaitu Kolombia, Ekuador, Guyana, dan Peru.

Ditemukan Sejak Tahun 1822

Arapaima gigas merupakan ikan air tawar endemik Sungai Amazon yang ditemukan dan dideskripsikan oleh seorang dokter dan naturalis dari Swiss, Prof. Dr. Heinrich Rudolf Schinz. Penemuan ikan ini telah dipublikasikan sejak tahun 1822.

Dinamai Pirarucu

Oleh masyarakat lokal di sepanjang Sungai Amazon, Arapaima gigas dinamai sebagai pirarucu yang artinya ikan merah. Penamaan ini berdasarkan pancaran kemerahan dari sisik-sisik ke arah ekor dan juga warna kemerahan-oranye dari filet dagingnya.

Panjang Ikan Bisa Mencapai 4 Meter

Ukuran Arapaima gigas bisa mencapai panjang 3-4 meter dengan berat ratusan kilogram. Fakta ini tentunya membuat ikan tersebut berpotensi menjadi kompetitor untuk ikan asli di Indonesia dalam mendapat makanan maupun ruang hidup.

Jenis Ikan Yang Di Larang Masuk Di Indonesia

Peneliti iktiologi dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, Dr. Renny Kurnia Hadiaty, mengatakan Arapaima gigas adalah ikan yang dilarang masuk ke Indonesia. “Peraturan larangan masuknya ikan Arapaima gigas ke perairan Indonesia telah diterapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan tahun 2014,” ujar Renny.

Ia menyarankan, “Sebaiknya segera dilakukan sosialisasi pada para pelaku, pengusaha, dan pemelihara ikan hias serta segera diterapkan, (serta) dikenakan sanksi bagi para pelanggar aturan tersebut.”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *