Ikan Badut – Ikan Hias Air Laut Yang Mudah Dipelihara

Ikan hias air laut yang memiliki nama ikan badut atau ikan giru merupakan ikan air laut yang termasuk ke dalam family Pomacentridae dan subfamily Amphiprioninae. Ikan badut berjenis kelamin jantan ketika lahir dan setelah dewasa ikan badut yang dominan akan berubah menjadi betina dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan jantannya. Ikan badut ini berwarna kuning, orange, kemerahan atau juga kehitaman. Ikan badut dengan ukuran terbesar memiliki panjang hingga 18 cm sedangkan ikan badut yang terkecil hanya mencapai panjang 10 cm. Ikan yang memiliki rentang hidup 3 sampai 6 tahun ini termasuk ikan yang agresif dalam menjaga lingkup teritorialnya atau wilayah kekuasaannya. Ikan badut sendiri merupakan salah satu jenis ikan hias air laut yang paling sering dicari oleh para penggemar ikan hias karena bentuknya yang mungil dan warnanya yang cantik.

ikan badut

Habitat Ikan Badut

Ikan badut adalah jenis ikan hias air laut yang hidup di karang-karang di perairan laut yang hangat atau tropis. Ikan hias ini dapat hidup di air laut yang jernih dengan kedalaman lautnya kurang dari 50 meter. badut tersebar di lautan Pasifik, Samudra Hindia (Indonesia, Thailand, Burma, Malaysia dan Maladewa), laut Merah dan juga karang-karang besar di Australia.Ikan badut merupakan jenis ikan omnivora yaitu ikan yang memakan hewan dan juga tumbuhan. Makanannya berupa invertebrata kecil seperti udang dan parasit yang menempel di tubuh anemon, selain itu ikan badut juga memakan tumbuhan alga sekitar 20% hingga 25% dalam memenuhi kebutuhan nutrisinya. Ikan badut dan anemon hidup berdampingan dan saling menguntungkan disebut dengan simbiosis mutualisme. Anemon memiliki sengatan beracun yang hanya dapat ditahan oleh ikan badut, hal ini dikarenakan ikan badut memiliki lapisan lendir berbahan dasar gula sehingga anemon tidak mengenali ikan badut sebagai musuhnya. Anemon melindungi ikan badut, sedangkan ikan badut membantu memakan parasit-parasit yang membahayakan anemon.

Cara Membudidayakan Ikan Badut Sebagai Ikan Hias Air Laut

Bagi pecinta ikan hias air laut khususnya ikan badut (clown fish) yang ingin membudidayakannya, ada beberapa teknik yang dapat dilakukan. Sebelum melakukan pembudidayaan sebaiknya siapkan terlebih dahulu wadah yang akan digunakan yaitu berukuran 40 x 40 x 40 cm yang telah dilengkapi dengan instalasi air laut, aerasi dan saluran pembuangannya. Induk yang telah diseleksi dimasukkan dalam satu tempat dengan sirkulasi air yang tetap dijaga. Pemberian pakan dapat dilakukan sesering mungkin agar mempercepat proses pemijahan. Telur-telur akan menetas setelah +- 1 minggu. Pakan yang diberikan saat ikan badut masih menjadi larva yaitu pakan rotifera yang dicampur dengan Nanochloropsis. Setelah berumur sekitar 10 hari larva dipindahkan ke wadah lain untuk proses pembesaran. Wadah akuarium tempat pembesaran sebaiknya memiliki sirkulasi air yang baik dan juga harus dijaga kebersihannya. Untuk pemberian pakannya dapat berupa udang renik, cacing rening ataupun pelet yang diberikan 3 kali sehari.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *