Ikan badut yang menguntungkan

Tidak ada komentar 684 views

Ikan ada yang hidup di perairan laut dan perairan tawar. Ikan-ikan yang habitatnya di laut, hidup dengan kadar garam dan mineral yang tinggi, sedangkan pada perairan tawar ikan-ikan hidup dengan mengandalkan air dengan kandungan garam serta mineral yang rendah. Perairan tawar meliputi sungai, rawa-rawa, danau, maupun waduk. Baik ikan yang ada di laut maupun di sungai/danau memiliki manfaat bagi manusia.Manfaat yang didapatkan dapat berupa untuk konsumsi, peliharaan, hingga ikan hias.

ikan badut

Laut yang merupakan tempat hidup berbagai makhluk hidup di dalamnya, memiliki beragam jenis ikan yang cantik.Di antaranya, ikan-ikan tersebut dapat dijadikan ikan hias bagi mereka yang hobi atau menyukai.Salah satu ikan hias laut yang banyak digemari ialah Clownfish. Clownfish (Amphiprion ocellaris)atau orang awam biasa menyebutnya sebagai ikan badut maupun ikan giru, sangat terkenal bagi mereka yang menggemari untuk memelihara ikan hias cantik ini.Kebanyakan orang menyukai ikan ini karena bentuknya yang kecil pipih serta warna oranye dan putih yang menyelimuti tubuhnya sangat menarik perhatian.Ikan badut ini hidup di habitat aslinya dengan bersimbiosis bersama Anemon.Mereka melakukan simbiosis mutualisme, di mana kedua organisme hidup ini sama-sama mendapatkan keuntungan dari peran lawannya.

Dalam simbiosis ini, anemon berperan sebagai tempat berlindungnya ikan badut dari serangan pemangsa, sedangkan ikan badut berperan dalam membersikan anemon dengan memakan sisa-sisa makanan anemon.Bagi kamu yang memiliki niat untuk menjadikan ikan badut menjadi penghias akuarium air asin, pastikan pula bahwa kamu membeli anemon untuk tempat ikan badut tinggal.Ikan yang terkenal karena eksistensinya di sinema animasi buatan Disney ini, di Indonesia terdapat beberapa jenis ikan badut yang populer, yakni Premnas Biaculeatus.

Ikan badut ini memiliki ciri khas, yaitu warnanya yang merah marun.Selanjutnya, ada Ikan Badut Ocellaris Clownfish. Ia memiliki habitat asli di Jepang, Asia Tenggara, dan Australia Utara. Warna tubuh yang dimilikinya bergantung di mana ia tinggal. Di Australia Utara ia berwarna hitam dan putih. Selanjutnya adalah Oranye Clownfish. Ikan giru yang ini merupakan ikan giru yang paling popular di antara Ikan giru yang lainnya, mengingat warna tubuhnya oranye dan putih yang mudah dikenali, sama seperti perannya di Film Finding Nemo, yang diperankan oleh Nemo.

Dengan mengetahui jenis-jenis ikan badut di atas, hal ini akan memudahkan kamu yang ingin memeliharanya di akuarium air asin untuk menghiasi rumahmu. Selain itu, dengan memelihara ikan hias di rumahmu, hal tersebut dapat membuat hilang kejenuhan kamu selama seharian bekerja.Sehingga dapat disimpulkan bahwa kamu dengan kamu memelihara ikan hias, kamu dapat menyalurkan hobi kamu sekaligus menjadi pelipur-lara kamu di kala suasana hati tidak bersahabat.

Baca Juga :

Save