Ikan Baung Yang Bermanfaat

Tidak ada komentar 542 views

Ikan Air tawar memberikan sejuta manfaat bagi manusia yang ada. Ikan air tawar tidak sulit untuk ditemukan mengingat wilayah Indonesia yang didominasi oleh peraian.Ikan air tawar hidup pada perairan dengan arus air yang tenang.Biasanya terdapat di aliran sungai, rawa-rawa, danau, maupun waduk.Tak kalah dengan ikan yang ada di laut, ikan air tawar pun banyak digemari oleh berbagai kalangan masyarakat.Salah satu manfaat yang manusia dapatkan ialah untuk kebutuhan pangan.Salah satu jenis ikan yang terkenal untuk dimakan ialah Ikan Baung.

ikan baung

Ikan Baung atau Hemibagrus Nemurusialah ikan yang mampu hidup mulai dari muara sungai sampai dengan hulu sungai.Ikan baung bersifat nokturnal, atau kegiatan hidupnya banyak dilakukan pada malam hari, seperti mencari makan.Ikan baung pada alam bebas bersifat omnivora, walaupun terdapat di antaranya yang karnivora karena memakan binatang-binatang yang lebih kecil darinya.Pakan baung di antaranya ialah udang-udang kecil, ikan-ikan kecil, remis, insekta, moluska, dan rumput.Ikan baung biasa dimanfaatkan untuk dikonsumsi.Hal ini karena tekstur dagingnya yang lembut, tebal, halus, serta tanpa duri sangat digemari oleh masyarakat.Biasanya Ikan baung dimasak menjadi pindang baung, baung asam padeh, serta ikan baung panggang yang berasal dari Kalimantan.

Ikan baung memiliki manfaat sehingga kita yang mengonsumsinya akan mendapatkan keuntungan. Di antaranya ialah sebagai sumber protein.Ikan baung mengandung cukup tinggi protein, sehingga dapat untuk memenuhi kebutuhan tubuh ditambah dengan kandungan protein dari sumber yang lainnya.Yang kedua, ikan baung memiliki lemak yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi. Selain itu, Ikan Baung kaya akan omega 3. Omega 3 ini membantu untukĀ  proses perkembangan otak janin pada ibu hamil.

Selain itu, penting juga untuk perkembangan fungsi penglihatan dan saraf bayi.Lalu, Ikan Baung juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Ikan baung merupakan sumber vitamin A yang kaya akan antioksidan untuk mencegah penuaan dini, melawan radikal bebas, menghambat pertumbuhan sel kanker, serta baik untuk kesehatan mata. Selain itu, Ikan Baung juga mengandung vitamin E yang cukup tinggi.Vitamin E berfungsi untuk menghaluskan serta meremajakan kulit.

Manfaat lain yang diberikan oleh Ikan Baung ialah menunjang produksi hormon. Lalu, Ikan baung juga meningkatkan energi.Protein yang terdapat pada ikan baung, berjumlah tinggi.Salah satu fungsi dari protein tersebut ialah membentuk energi. Jadi, tak heran jika kamu telah makan Ikan Baung, energimu akan terisi banyak. Dengan segala kebaikan yang ada pada Ikan Baung, kamu akan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang baik untuk tubuh kamu. Tentu saja dengan dimasak dengan benar, Ikan baung semakin lezat. Mantap!

Baca juga :