Ikan Bilis serta khasiatnya

Ikan air tawar merupakan ikan yang hidup di perairan dengan kadar garam dan mineral yang sedikit, tidak seperti di lautan. Perairan ini meliputi sungai, danau, waduk, dan lainnya. Terdapat beragam jenis komunitas yang hidup di dalamnya.Ikan yang merupakan makhluk hidup penghuni perairan, tentu saja ada yang tinggal di perairan air tawar.Terdapat macam-macam ikan yang hidup di air tawar. Mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar.Mulai dari ikan koi, gurame, sampai ikan arwana. Ikan-ikan yang hidup di air tawar memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik untuk dikonsumsi, dipelihara, maupun dijadikan ikan hias.

ikan bilis

Terdapat banyak Ikan tawar yang dimanfaatkan untuk menjadi bahan pangan, di antaranya ialah Ikan Bilis. Ikan Bilis atau Mystacoleucus padangensis adalah ikan air tawar yang tersebar secara terbatas di Pulau Sumatera, terutama di Danau Singkarak, Sumatera Barat, dan sekitarnya. Ikan bilis merupakan konsumsi utama warga lokal daerah Sumatera Barat.Umumnya ikan bilih diolah dengan cara dikeringkan dan diasinkan sehingga awet untuk waktu yang lama.

Ikan bilis memiliki beberapa manfaat untuk dikonsumsi, di antaranya karena ikan bilis mengandung selenium, mineral yang sangat erat untuk jantung.Selenium memerankan peran mikro nutrient dalam menjaga kesehatan dengan mencegah tersumbatnya arteri.Yang kedua ialah kalium. Kalium memerankan peran penting karena ia menjaga kesehatan saraf dan otak agar bekerja dengan sempurna. Manfaat yang ketiga adalah karena adanya vitamin-vitamin penting, yakni sumber vitamin A, D, dan E. Vitamin A dan D berfungsi untuk kesehatan tulang dan sistem imun. Vitamin A dan E bekerja bersama-sama untuk menjaga kesehatan kulit serta sumber dari antioksidan.Fungsi lainnya jika kita mengonsumsi Ikan Bilis ialah semakin baiknya komponen-komponen tulang karena kandungan kalsium serta regenerasi sel-sel yang telah mati karena kandungan proteinnya.

Untuk kamu yang ingin tahu hidangan dengan bahan dasar Ikan Bilis, tetapi tidak tahu mau dibuat seperti apa  berikut ialah referensinya. Yang pertama kamu dapat membuat Sambal Ikan Bilis Bumbu Pedas. Hidangan ini pastinya akan menggugah lidah kamu untuk makan. Yang kedua adalah Ikan Bilis Kentang Goreng Kecap.Rasanya yang tidak pedas, cocok untuk dimakan oleh siapapun, terlebih untuk anak-anak yang dalam masa pertumbuhan.

Hidangan ketiga dengan bahan dasar Ikan Bilis adalah Perkedel Ikan Bilis.Perkedel ini cocok sebagai teman kamu ketika menonton televisi atau mengobrol dengan kerabar serta keluarga.Selain enak, pastinya hidangan ini menyehatkan.Terdapat banyak macam masakan-masakan nusantara dengan keanegaraman rasa yang menggunakan Ikan Bilis sebagai bahan utama pembuatannya. Selain menyehatkan, dengan membuat Ikan Bilis menjadi menu makanan yang lezat tentunya akan menambah selera makan.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *