Ikan corydoras

Ikan corydoras – Merupakan salah satu ikan hias air tawar. Ikan ini berukuran kecil. Ikan corydoras masih satu keluarga dengan ikan lele. Nmun ikan ini bukanlah termasuk ikan yang digunakan untu konsumsi karena tubuhnya yang mungil sehingga lebih digunakan sebagai ikan hias (keaneka ragaman warna dan corak ikan corydoras).

Ciri-ciri

  • Ikan corydoras bisa tumbuh hingga panjang tubuhnya 12 cm, yang mana tubuhnya pendek dan juga terlihat gemuk dan pada punggungnya lebih melengkung dibandingkan dengan bagian perutnya.
  • Pada kedua sisi corydoras dilengkapi dengan lempengan seperti tulang yang tersusun dalam dua baris, mempunyai dua pasang kumis yang terletak di rahang atas dan rahang bawah dan kumis inilah yang berfungsi sebagai indera peraba.
  • Mulut corydoras mengarah ke bawah karena memudahkan ikan ini mencari makan di dasar air.
  • Layaknya ikan hias alsi indonesia ( botia ), corydoras memang mirip jika dilihat secara sepintas. Selain itu pada sisi badannya ditutupi oleh sisik – sisik yang tidak tipis, atau yang lebih tepat sebagai scute.
  • Sisik-sisik ini tersusun layaknya genting yang tersusun sangat rapi. Deretan – deretan sisik sebelah atas berjumlah 21023 sisik, dan pada bagian bawah berjejer sebanyak 19-21 sisik.

Penghias dan Pembersih Aquarium
Ikan corydoras beberapa alasan menjadikan ikan ini sebagai ikan hias tidak hanya karena bentuknya yang cantik namun juga karakternya yang senang berenang di dasar aquarium dan memakan makanan-makanan yang berada di bagian bawah atau dasar aquarium sehingga aquarium terlihat lebih bersih dan terhindar dari penumpukan sisa makanan. Mirip dengan ikan sapu-sapu yang juga senang melakukan hal yang sama. Manfaat ikan corydoras ini menjadikannya sering menjadi pilihan bersama ikan hias jenis lainnya untuk dimasukkan ke aquarium sehingga dapat membantu membersihkan sisa makanan ikan lain yang jatuh ke dasar aquarium. Meskipun demikian sebagai pemilik anda tetap harus rutin membersihkan dan mengganti air aquarium untuk menjaga kebersihan dan kualitas air.

Bahan Campuran Kosmetik
Selain sebagai ikan hias ikan corydoras di beberapa negara maju juga telah digunakan sebagai bahan campuran kosmetik. Berbagai kandungan dalam ikan ini diketahui memiliki manfaat terhadap kecantikan sehingga ia turut digunakan dalam pembuatan kosmetik. Hal ini tentu saja membuka peluang usaha untuk budidaya ikan corydoras. Dengan kebutuhan dan permintaan pasar yang cukup tinggi apalagi pasar luar negeri budidaya ikan corydoras merupakan usaha yang sangat menjanjikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *