Ikan Cupang: Jenis-Jenis Ikan Cupang dan Harga Ikan Cupang

Tidak ada komentar 1215 views

Ikan Cupang atau nama ilmiahnya Betta sp adalah salah satu jenis ikan hias air tawar yang sangat banyak dipelihara karena ikan satu ini cukup mudah untuk dikembangbiakkan. Ikan cupang berasal dari beberapa Negara di Asia Tenggara antara lain Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam. Ikan ini sangat popular di Indonesia karena memiliki bentuk tubuh yang cantik ,karakter yang unik serta sangat agresif pada saat melindungi diri dan mempertahankan hidupnya. Karena itu, ikan cupang memiliki daya tahan yang kuat dan ini merupakan salah satu keunggulannya. Keunggulan ikan cupang ini disebabkan karena ikan ini memiliki rongga labirin sseperti yang dimiliki ikan lele dan ikan rawa lainnya. Labirin inilah yang membuat ikan cupang mampu bertahan meskipun di lingkungan yang miskin oksigennya. Karena bentuk nya yang cantik,orang-orang banyak memelihara ikan ini di dalam akuarium,kolam atau di tempat-tempat lainnya. Biasanya ikan cupang hidup di rawa-rawa, danau dan sungai yang memiliki arus yang tenang. Penggemar ikan cupang pasti tahu bahwa ikan cupang terdiri dari ikan cupang hias dan ikan cupang aduan.

ikan cupang black orchid

Jenis-Jenis Ikan Cupang Hias

  • Ikan Cupang Hias
    Ikan Cupang Hias adalah ikan yang dipelihara untuk dinikmati keindahan tubuhnya. Ikan ini memiliki variasi warna yang beragam seperti ungu, biru, merah dan kombinasinya. Selain itu ,ikan ini memiliki bentuk sirip dan ekor yang unik. Ikan cupang hias memiliki gerakan yang lamban. Ikan ini lebih suka menunjukkan keanggunannya . ternyata, ikan cupang hias juga bisa menjadi ikan cupang aduan. Bahkan ikan ini bisa mengalahkan ikan cupang aduan pada umumnya. Namun, ekor dan sirip ikan ini akan rontok pada saat dilagakan sehingga akan membuat ikan ini menjadi tidak cantik lagi. Karena itulah ,orang-orang tidak mau menjadikan ikan cupang hias ini menjadi ikan cupang aduan.
  • Ikan Cupang Aduan
    Ikan Cupang Aduan adalah ikan cupang yang digunakan untuk aduan. Ikan ini bahkan sering dibuatkan kontes untuk mengadu kecantikan ikan cupang hias ini. Biasanya, di Asia Tenggara sering diselenggarakan kontes ikan cupang hias. Namun ternyata, di Amerika Serikat, mengadu ikan cupang adalah sebuah tindak kejahatan yang bahkan bisa dikenakan hukuman.

Harga Ikan Cupang

  1. Ikan Cupang Halfmoon
    Ikan Cupang jenis ini biasanya banyak dipelihara karea bentuknya yang indah dan warnanya yang beragam. Ikan ini juga tergolong murah yakni sekitar Rp 5000 sampai Rp 30000 saja.
  2. Ika Cupang Double Tail
    Ikan ini memiliki bentuk yang sama seperti Ikan Cupang Halfmoon. Bedanya, ikan Cupang Double tail memiliki ekor yang terbelah dua. Karena langka, harga ikan ini cukup mahal disbanding yang lain
  3. Ikan Crown Tail
    Ikan Crown Tail sangat diminati karena bentuk ekor yang unik. Ikan ini sering digunakan untuk pertandingan. Untuk harga tergantung dengan kecantikannya sendiri.

Baca Juga :