Ikan Gabus dengan segala manfaatnya

Ikan merupakan hewan dengan kandungan protein hewani yang tinggi dan sangat diperlukan tubuh manusia, terlebih lagi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, otak yang merupakan alat vital segala kegiatan hidup akan berkembang dengan pesat. Hal ini sangat baik, mengingat ia menjadi penunjang segala kehidupan seorang manusia. Ikan, baik yang di laut (air asin) maupun di sungai (air tawar) memiliki manfaat itu semua. Ikan air tawar merupakan ikan yang hidupnya pada perairan dengan kadar garam dan mineral yang sedikit. Perairan ini biasanya meliputi sungai, danau, waduk, maupun rawa-rawa.Salah satu ikan yang terkenal pada kalangan masyarakat Indonesia ialah Ikan Gabus.

ikan gabus

Ikan gabus atau yang bernama latinChanna striata, adalah sejenis ikan predator yang hidup di air tawar. Ikan ini memiliki tubuh yang panjang dan besar serta kepala yang gepeng dengan sisik mirip ular.Ikan gabus biasa hidup di daerah rawa-rawa, sungai, danau, saluran-saluran air, hingga ke sawah. Ikan gabus memiliki labirin yang dapat membuatnya bisa bertahan hidup meskipun di daerah yang kurang akan oksigen. Ikan gabus memiliki manfaat yang baik untuk manusia.Ikan ini memiliki kandungan protein yang tinggi, sehingga sangat baik untuk kesehatan manusia.Mulai untuk anak-anak dalam masa pertumbuhan, untuk regenerasi sel-sel yang telah mati, mencegah penyakit degeneratif karena memiliki kandungan kolesterol yang rendah dan protein yang tinggi, dan kandungan albumin yang tinggi.Hal ini berfungsi untuk penyembuhan luka. Albumin akan mempercepat fibrinogen dan tromboplastin untuk diproduksi sehingga dapat membekukan darah dan menutup luka.

Dari keuntungan yang diberikan, terdaapat juga kerugian-kerugian yang diberikan Ikan Gabus.Jika ikan gabus dimasukkan ke dalam kolam dan bersatu dengan ikan—ikan peliharaan yang lain, hal ini dapat berbahaya.Ia dapat memakan ikan-ikan kecil lainnya yang ada di kolam tersebut. Di Indonesia, berbagai jenis hidangan makanan tersaji dari pembuatan Ikan Gabus. Yang pertama ialah Ikan Gabus bumbu kuning.Ikan gabus bumbu kuning merupakan makanan yang selain menyehatkan, tapi juga menyegarkan.Makanan ini cocok untuk disantap sebagai makan siang. Hidangan lain yang dapat dibuat dari bahan dasar Ikan Gabus ialah otak-otak ikan gabus.

Makanan ini dapat disantap bersama keluarga sambil bersantai dan mengobrol bersama. Masakan lain yang dapat dibuat dari Ikan Gabus adalah Ikan Gabus Bakar bumbu sambal kecap manis. Walaupun masakan ini dibuat dengan bumbu-bumbu sederhana, masalah rasa tidak ada pembandingnya. Luar biasa! Bacaan di atas merupakan ulasan-ulasan tentang Ikan Gabus yang dapat dibaca untuk kamu yang ingin tahu mengenai Ikan Gabus dan penyajiannya yang sangat menarik.Selamat mencoba.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *