Ikan Guppy: Indahnya Sirip Ekor Bak Gaun Putri Raja

Pernahkan kalian melihat atau mendengar ikan guppy? Jika kalian pecinta ikan hias pasti pernah mendengar dan melihat spesies ikan ini. Ikan guppy adalag ikan kecil dengan sirip ekor bak gaun putri raja yang diseret saat berjalan. Karena kecantikan dan kemolekan ikan ini, banyak orang yang menyangka bahwa ikan ini adalah ikan betina. Namun ternyata, ikan cantik ini adalah ikan janta. Ikan kecil ini memiliki banyak variasi warnamenarik yang dikenal dengan nama latin Poecilia reticulata. Ikan Guppy adalah spesies asli dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan dan tersebar bahkan hampir ke seluruh belahan di Indonesia. Ikan ini masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an yang telah tersebar luas ke seluruh penjuru di Indonesia. Ikan Guppy memiliki ukuran yang sangat kecil. Ukurannya tidak lebih besar daripada jari kelingking manusia. Ukuran ikan Guppy betina dewasa sekitar 4-6cm ,sedangkan ikan guppy jantan berukuran sekitar 2-3 cm. ikan Guppy betina lebih besar daripada ikan Guppy jantan seperti pada kebanyakan ikan pada umumnya. Ikan Guppy jantan ternyata lebih cantik dan lebih molek disbanding ikan Guppy betina. Hal ini untuk menarik perhatian ikan Guppy betina pada saat musim kawin terjadi.

ikan guppy

Jenis ikan Guppy

Ada banyak sekali jenis ikan Guppy di dunia yang tersebar di berbagai Negara. Setiap ikan guppy memiliki kekhasan sendiri. Berikut ini adalah beberapa jenis ikan guppy yang memiliki sirip dan warna yang indah:

  1. Ikan Guppy Red Dragon
    Ikan Guppy jenis red dragon ini merupakan ikan guppy yang menjadi primadona. Harga ikan guppy jenis ini dibandrol dengan harga yang cukup fantastis yaitu 3 ekor ikan guppy bisa mencapai satu juta rupiah.
  2. Ikan Guppy Kobra
    Ikan Guppy jenis ini memiliki corak warna seperti ular cobra corak yang ada di tubuh ikan guppy cobra jantan berwarna kuning,hitam dan putih. Karena keunikan dan kemiripannya dengan ikan cobra, banyak pemburu ikan hias yang memburunya.
  3. Ikan Guppy Metalik
    Ikan Guppy yang satu ini memiliki warna biru atau abu-abu metalik. Sehingga ikan ini dinamai ikan guppy metalik.ikan guppy metalik kobra berasal dari persilangan antara ikan guppy metalik dengan ikan guppy cobra.
  4. Ikan Guppy Japan Blue
    Ikan guppy jenis ini dipercaya berasal dari perairan Jepang. Ikan jenis ini memiliki variasi warna yang banyak namun karena yang popular berwarna biru ,ikan ini disebut ikan guppy japan blue.

Warna biru atau abu-abu metalik yang ada pada ikan guppy ini membuatnya dinamai ikan guppy metalik. Para pecinta ikan hias telah berhasil melakukan persilangan antara ikan guppy metalik dengan ikan guppy cobra. Hasilnya yaitu ikan guppy metalik cobra yang di bagian dada berwarna metalik sedangkang bagian punggung bercorak cobra.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *