Ikan Gurami yang kaya manfaat proteinnya

Tidak ada komentar 179 views

Ikan merupakan hewan dengan kandungan protein hewani yang tinggi dan sangat diperlukan tubuh manusia, terlebih lagi untuk anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein, otak yang merupakan alat vital segala kegiatan hidup akan berkembang dengan pesat. Hal ini sangat baik, mengingat ia menjadi penunjang segala kehidupan seorang manusia. Ikan, baik yang di laut (air asin) maupun di sungai (air tawar) memiliki manfaat itu semua. Ikan air tawar merupakan ikan yang hidupnya pada perairan dengan kadar garam dan mineral yang sedikit. Perairan ini biasanya meliputi sungai, danau, waduk, maupun rawa-rawa.Salah satu ikan yang terkenal pada kalangan masyarakat Indonesia ialah Ikan Gurami.

ikan gurame

Ikan Gurami yang memiliki nama latin Osphronemus goramy merupakan ikan yang banyak diminati oleh masyarakat Asia Tenggara dan Asia Selatan. Selain itu, di negara-negara lain pun menyukai untuk memelihara Ikan Gurami di dalam akuarium.Ikan Gurami tinggal di daerah rawa-rawa atau air yang payau.Ia suka untuk tinggal di daerah dengan air yang dangkal. Ia merupakan pemakan tumbuhan, tetapi jika terdapat serangga ia pun tetap memangsanya. Jika  terdapat barang-barang lain yang membusuk di perairan, Ikan Gurami juga menyantapnya sebagai makanan. Ikan Gurami memiliki tubuh yang lebar dan pipih.Dagingnya padat, duri yang besar, dan gurih rasanya.

Ikan Gurami memiliki kandungan protein yang tinggi disbanding ikan air tawar lainnya, misalnya ikan nila,, ikan mas, maupun ikan lele. Meskipun daging memiliki kandungan protein yang tinggi, memakan Ikan Gurami lebih menguntungkan.Hal ini terjadi karena Ikan Gurami mengandung lemak yang lebih sedikit daripada daging.Selain itu, Ikan Gurami juga mengandung Vitamin E yang diperlukan oleh tubuh. Dengan mengonsumsi Vitamin E, kesehatan kulit akan tetap terjaga dan kulit akan tetap halus. Salah satu kegunaan protein yang ada pada tubuh Ikan Gurami ialah dapat menggantikan sel-sel yang telah mati untuk regenerasi selanjutnya.Selain itu, protein yang ada pada Ikan Gurami ini berfungsi untuk perkembangan anak. Di usia pertumbuhan dan perkembangan, anak-anak membutuhkan protein, dan dengan terpenuhinya protein maka anak-anak akan terhindar dari busung  lapar yang kian marak terjadi.

Selain itu, kandungan protein yang cukup tinggi pada Ikan Gurami ini juga membantu dalam penyembuhan luka.Protein mempercepat fibrinogen dan tromboplastin untuk membekukan darah dan menutup luka. Manfaat lainnya ialah dengan mengonsumsi Ikan Gurami yang sarat akan manfaat ini, akan mencegah penyakit degeneratif. Penyakit ini biasanya terjadi akibat dari konsumsi makanan dengan kolesterol jahat yang tinggi, sedangkan dengan mengonsumsi Ikan Gurami, kandungan kolesterolnya rendah dan proteinnya tinggi.Sehingga, Ikan Gurami sangat berguna dan bermanfaat jika dikonsumsi.

Baca Juga :