Ikan Hias Air Laut Ikan Kakatua

Ikan Kakatua merupakan kelompok besar spesies ikan laut yang menghuni perairan dangkal tropis dan subtropis di seluruh dunia, terutama di terumbu karang, pantai karang dan padang lamun, dan berperan penting dalam Kelimpahan spesies terbesar dijumpai di perairan Indo-Pasifik. Ukuran panjang dari ikan kakatua bisa mencapai 47 cm serta dapat dibedakan berdasarkan bentuk dan warna. Penampilannya dapat berubah selama fase kehidupannya.

Selama fase awal, berwarna kemerahan sampai coklat, terdapat enam hingga tujuh garis horizontal yang gelap sepanjang tubuhnya dan bersirip merah. pada ikan kakatua jantan, selama fase akhir, bagian belakang tubuh dan bagian bawah kepala tampak lebih berwarna cerah serta pada sirip ekor tampak berwarna biru kehijauan dengan area berbentuk orange dan berbentuk bulan sabit yang besar.

Ikan Kakatua dapat ditemukan pada wilayah Indo-Pasifik dari Laut Merah hingga ke perbatasannya dan pulau Ducie, Jepang bagian selatan, Shark Bay yang berada di Australia Barat, pulau Lord Howe dan Rapa Iti di Perancis Polinesia. Ikan Kakatua tidak ditemukan pada perairan Hawaii.

Sebenarnya ada sekitar 90 spesies ikan yang berbeda disebut Ikan “Kakaktua” ini. Asal-usul nama ikan ini adalah karena ia mempunyai mulut seperti paruh berbentuk kait. Ikan Kakaktua mempunyai nafsu makan yang sangat besar dan kalau kamu tidak dapat menyediakan makanan untuknya, disarankan untuk tidak usah memeliharanya.

Ikan Kakaktua dianggap penting untuk kelangsungan hidup terumbu karang karena mereka makan rumput laut dan hama lainnya yang dapat merusak terumbu karang. Para pencinta lingkungan laut menyarankan agar ikan ini dilindungi untuk menjaga terumbu karang.

Ikan Kakatua dapat hidup dengan kedalaman 1-25 m dari permukaan laut, normalnya berhabitat pada terumbu luar yang terpapar terkadang berada pada perairan yang sangat dangkal sekali pun. Spesimen juvenile dapat ditemukan pada laguna yang hidup di dalam reruntuhan karang dan terumbu karang. Spesies ini umumnya merupakan ikan soliter. Saat akan mencari makanan, ikan kakatua bisa bersamaan atau bergabung dengan spesies ikan yang lain. Spesies ini akan menyerempet pada alga yang tumbuh pada zona bentik.

Secara tradisional, ikan kakatua dimasukkan ke dalam taksa biologi setingkat famili Scaridae. Meskipun secara analisis filogenetik dan evolusinya masih berlangsung, ikan ini sudah diterima sebagai clade dalam suku Cheilini, dan sering diacu sebagai scarine labrids (subfamily Scarinae, family Labridae). Beberapa pihak memilih mempertahankan ikan kakatua sebagai taksa sekelas famili, Labridae (kecuali dipisahkan menjadi beberapa famili).

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *