Ikan Hias Air Laut Ikan kerapu air Laut

Ikan Hias Air Laut Ikan kerapu air Laut

Ikan kerapu adalah salah satu predator terbesar di lautan yang mendiami laut dangkal, laut dalam, dan bahkan muara sungai. Ikan ini tergolong kedalam ikan predator karena memiliki gigi dengan jumlah banyak dan tajam disertai rongga mulit yang lebar. Ikan kerapu bisa memiliki ukuran hingga 2 meter dengan berat mencapai ratusan kilogram. Harga ikan kerapu per kg tergantung jondisinya. Jika ikan kerapu masih hidup maka harga ikan kerapu per kg akan lebih mahal.

 

Ikan Hias Air Laut Ikan kerapu air Laut

Ikan kerapu memiliki harga ekonomi yang cukup tinggi karena kelezatan dagingnya, bahkan lebih mahal dari jenis ikan kakap merah oleh karena itu banyak masyarakat membudidayakan ikan kerapu dalam Keramba Jaring Aprung. Jenis dari ikan kerapu yang telah di ketahui hingga saat ini berjumlah 46 spesies yang hidupnya di berbagai macam habitat, dari semua jumlah itu setelah di kerucutkan ternyata asalnya dari tujuh ( 7 ) Genus yaitu Anyperodon, Aethaloperca, Cromileptes, Cephalophilis, Plectropomos, Epinephelus dan Epinephelus.

Ikan Hias Air Laut Ikan kerapu air Laut

Jenis-Jenis Ikan Kerapu

1. Ikan Kerapu Batik

Nama Spesies : Epinephelus polyphekadion.

Banyak di temukan pada perairan indo – pasifik. Habitat alaminya di perairan laut terbuka, laut pasang surut, laut dangkal, laguna pantai dan juga pada terumbu karang.

2. Ikan Kerapu Tikus/Bebek

Nama Spesies : Chromileptes altivelis

Nama lain : Humpback Grouper, Panther Grouper atau Barramundi CodHabitat hidupnya di karang laguna pantai dan terancam punah akibat kerusakan lingkungan.

3. Ikan Kerapu Kertang

Nama Spesies : Epinephelus lanceolatus.

Habitat aslinya pada perairan terumbu karang hingga kedalaman 100 meter, banyak di temukan hampir di seluruh perairan Indo Pasifik kecuali di teluk persia. Dapat bertahan hidup di ekosistem muara.

4. Ikan Kerapu Lumpur

Nama Spesies : Epinephelus Bleekeri.

Habitat hidupnya di terumbu dan muara laut yang berlumpur.

5. Ikan Kerapu Muara Atau Di Sebut Juga Kerapu Balong

Nama Spesies : Epinephelus Coioides.

Habit hidup sesuai dengan namanya yaitu perairan yang dekat dengan pantai contohnya hutan bakau ( mangrove ), terumbu karang, laut dangkal, muara, pantai pasang surut dan juga laguna yang berair asin.

6. Ikan Kerapu Sunuk / Merah

Nama Species : Plectropomus leopardus

Nama lainnya : Leopard coral grouper, Coral trout atau Leopard coral trout. Habitat alaminya pada terumbu karang dan lautan terbuka. Ikan ini juga di sebut kerapu sunuk biasa yang punya kembaran bernama Kerapu Lodi ( Plectropomus maculatus ) Sangat mirip, bedanya hanya totol biru yang lebih sedikit.

Demikian dengan artikel ini tentang ikan hias air tawar ikan Kerapu, semoga bermanfaat sebagai penambah ilmu pengetahuan.

Baca juga: Flying Fox Ikan Hias Air Tawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *