Ikan Hias Air Laut Yellow Tang

Ikan yellow tang yang memiliki nama ilmiah Zebrasoma flavescens ini merupakan jenis ikan hias air laut yang termasuk ke dalam family surgeonfish. Ikan yellow tang sangat diminati oleh para pecinta ikan hias karena ikan yellow tang dapat hidup sehat di dalam aquarium dan memiliki daya tarik tersendiri bagi pecintanya. Ikan yellow tang ditemukan pertama kali pada tahun 1828 dan ikan ini saat dewasa dapat tumbuh hingga 20 cm atau 7,9 in dengan ketebalan 1 atau 2 cm (0,39-0,79). Ikan hias yellow tang berwarna kuning cerah dan ketika malam hari warna kuningnya akan sedikit memudar serta kecoklatan pada bagian tengah dengan garis horisontal berwarna putih. Warna kuning cerah pada yellow tang akan kembali lagi pada siang hari. Berbeda dengan jenis ikan lain yang cenderung besar pada betinanya, ikan yellow tang jantan cenderung lebih besar dibandingkan dengan betinanya saat dewasa.

ikan yellow tang

Ikan yellow tang sangat cocok jika dijadikan ikan hias air laut dan ditempatkan di aquarim. Ikan jenis ini dapat ditemukan di daerah terumbu karang yang dangkal dengan kedalamannya sekitar 2 sampai 46 meter atau 6,6 sampai 150,9 kaki. Ikan yellow tang tersebar di samudra Pasifik dan juga samudra Hindia bagian barat Hawaii dan juga bagian timur Jepang. Sekitar 70% ikan yellow tang untuk industri aquarium bersumber dari Hawaii. Penampilan ikan yellow tang yaitu berbentuk seperti panah. Hal ini karena dorsal dan juga sirip ikan yellow tang seperti perpanjangan tubuh mereka, selain itu ikan ini memiliki mulut yang panjang seperti tang. Mulutnya yang panjang digunakannya untuk mencari makan di daerah terumbu karang. Ikan yellow tang di habitat aslinya hidup dan bersembunyi di area terumbu karang yang sekaligus sebagai tempat mencari makan. Makanannya di alam bebas yaitu berupa alga laut dan terkadang ikan ini juga memakan telur-telur ikan serta invertebrata yang hidup di sekitar terumbu karang.

Ikan yellow tang dapat dipelihara di rumah yaitu di dalam aquarium. Untuk merawat ikan hias air laut sebenarnya tidak terlalu mudah karena tentu saja harus memperhatikan tempat, sirkulasi air, kebersihan dan juga pakan dari ikan tersebut. ikan yellow tang terbilang aktif, mereka suka berenang kesana kemari dan bersembunyi karena di tempat aslinya ikan ini hidup di terumbu karang. Jika ingin memelihara ikan jenis ini sebaiknya menyiapkan aquarium dengan ukuran besar yaitu aquarium yang dapat diisi dengan air sekitar 225 liter. Sediakan juga karang buatan sebagai tempat bersembunyi ikan yellow tang. Selain itu perhatikan juga suhu air dan nilai pH, suhu air sebaiknya berada di 24  sampai 28  sedangkan pHnya antara 8,0 dan 8,4.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *