Ikan Hias Air Tawar Botia

Ikan hias botia termasuk yang bukan hanya banyak digemari di Indonesia namun juga banyak di gemari di manca Negara tetangga, Ikan Botia termasik ikan dari family Cobtidae. Dari beberapa ikan botia jenis yang banyak diminati adalah ikan botia badut, botia morleti, botia india, dsbg.

Ikan botia yang berasal dari Indonesia adalah ikan botia macan dan ikan botia badut. Namun ikan botia yang banyak dikenal dikalangan pecinta ikan dan banyak di impor ekspor adalah jenis ikan badut dengan nama ilmiah Choromobotia macrachantus.

Ikan botia banyak digemari pecinta ikan karena bentuknya yang lucu, agak bulat memanjang dan agak pipih kesamping, tidak bersisik dengan bentuk mulut agak ke bawah (semacam torpedo) dengan empat pasang antena atau sungut diatasnya. Ikan botia berwarna kuning cerah dengan 3 garis lebar berwarna hitam (Satyani et al., 2007) . Habitat ikan botia di perairan jernih dengan bebatuan sebagai dasarnya, ikan ini juga merupakan nokturnal yaitu aktif melakukan kegiatan mencari makan di malam hari.

Sementara Memandang corak warna tubuhnya yang yang memiliki dasar merah jingga kekuning-kuningan dengan balutan tiga garis lebar atau pita hitam yang melingkar di tubuhnya sungguh sangat menyejukkan hati yang memandang. Perlu juga diketahui bahwa ikan ini termasuk ikan yang tidak memiliki sisik. Tetapi hati-hati bila memegang ikan ini karena ia memiliki senjata untuk melindungi diri dari serangan berupa patil di bawah matanya yang tersembunyi dan akan keluar bila ia merasa dalam bahaya karena itulah ia sering pula disebut si mata berduri. Tidak salah bila botia bisa menjadi obat penghilang stress bagi pemeliharanya.

Banyak orang yang memanfaatkan ikan botia selain untuk berbisniss dimanfaatkan juga sebagai ikan hias, karena warna dan keindahannya ikan ini banyak di minati oleh banyak orang khusunya di Indonesia.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *