Ikan Hias Air Tawar Congo Tetra

Ikan Hias Air Tawar Congo Tetra – Jenis ikan hias congo termasuk ikan hias yang paling menarik karena memiliki warna yang indah di pandang mata. Ikan ini termasuk ikan yang suka bergerombol dan sangat aktif. Dari keaktifan ikan ini tidak menjadikannya ikan yang buas melainkan ikan ini termasuk ikan yang pemalu dan suka bersahabat dengan ikan lainnya.

Bentuk badan oval dan memanjang, dan memiliki warna biru yang indah sedikit kekuning-kuningan akan lebih keliatan menarik saat terkena cahaya lampu aquarium. Karena sifat ikan congo tetra yang suka bersahabat menjadikan ikan ini bisa di campur dengan ikan hias lainnya seperti, ikan hias guppy, rainbow, platis dan jenis-jenis ikan hias yang bersahabat lainnya.

Alangkah baiknya ikan congo tetra tidak dicampur dengan ikan yang galak. Galak suka marah-marah gak jelas J bukan. Maksud galak di sini adalah ikan hias yang suka iseng dan usil menggit-gigit ekor ikan lainnya. Karena jika sampai di campur ikan hias congo tetra bisa menjadi santapan empuk bagi ikan-ikan semacam itu (ikan galak).

Jika dilihat dari ukuran tubuh, ikan ini memliki ukuran tubuh sekitar 8-10 cm. Memang jika di bandingkan dengan ikan hias lainnya ikan ini tidak terlalu besar, Namun ikan ini terlihat indah jika kamu memeliharanya dalam jumlah banyak, karena saat berenang ikan ini suka bergerombol dan membuatnya terlihat semakin menarik.

Dari segi makanan ikan congo tetra tidak jauh beda dengan jenis ikan peliharaan lainnya yakni se[erti bloodworm atau cacing beku. Bisa juga di kasih pelet yang berukuran kecil atau granule. Sebenarnya dalam hal pakan ikan ini tidak terlalu sulit.

Perlu diperhatikan juga saat mengganti air usahakan jangan menggunakan air baru dari kran langsung atau sumur, Gunakanlah air yang sudah diendapkan dan di aerisasi minimal 1×24 jam. Semakin lama air di aerasi, semakin bagus juga untuk digunakan.

Karena ikan ini sangat sensitif terhadap perubahan air yang terlalu ekstrem. Dapat menyebabkan strees sampai kematian. Ikan hias air tawar congo tetra bisa di pelihara di aquarium dengan suhu antara 25 – 28 °C.

Jika suhu air terlalu dingin, ikan ini mudah terserang penyakit seperti whitespot di badannya. Kadar pH yang baik untuk ikan hias congo tetra adalah 6 samapi 7,5. Apabila kualitas air di perhatikan dengan baik, warna ikan ini akan terliat lebih cerah dan semakin indah.

Begitu juga sebaliknya, jika kualitas air kurang baik maka warna ikan ini akan pudar menjadi pucat dan terlihat kurang menarik. Untuk menambah keasaman dan membantu mestabilkan pH air bisa dengan menambahkan dengan daun ketepang.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *