Ikan Hias Air Tawar Ikan Arherfish

Ikan Hias Air Tawar Ikan Arherfish

Ikan Archerfish (ikan pemanah) adalah keluarga Toxotidae, ikan yang dikenal dengan nama ikan sumpit karena kebiasaan mereka memangsa serangga darat dan hewan kecil lainnya dengan menembak mereka agar jatuh dengan semprotan air dari mulut khusus mereka. Ikan ini terdiri dari tujuh spesies dalam genus Toxotes; yang biasanya menghuni perairan payau muara dan mangrove, tetapi juga dapat ditemukan di laut terbuka, serta jauh ke hulu di air tawar. dari India ke Filipina , Australia , dan Polinesia.

Ikan Archerfish atau spinnerfish memiliki badan yang gepeng, dengan sirip punggung, dan profil garis lurus dari sirip punggung ke mulut. Mulutnya protractile dengan rahang bawah menjorok keluar. Ukuran umumnya kecil, sekitar 5-10 cm namun T. chatareus bisa mencapai 40 cm ( 16 in).

Ikan Archerfish merupakan sniper yang sangat akurat dalam menembak, ikan dewasa hampir selalu mencapai target pada tembakan pertama. Mereka dapat menurunkan serangga dan mangsa lainnya yang bertengger hingga 3 m di atas permukaan air. Hal ini disebabkan karena penglihatan yang baik dan juga kemampuan mereka untuk mengkompensasi pembiasan cahaya yang melewati udara – air ketika bertujuan untuk mangsanya. mereka biasanya meludahi mangsanya pada sudut horisontal rata-rata sekitar 74 ° , tapi masih bisa bertujuan akurat ketika menembak dengan sudut antara 45 dan 110 °.

Ikan Arherfish

Ikan sumpit merupakan ikan omnivora. Pada siang hari, mereka datang ke permukaan untuk memakan bahan yang mengambang. Makanan ikan ini terdiri dari materi tanaman dan serangga, yang mampu “ditembak jatuh”.

Ikan ini juga mampu menangkap mangsanya dengan melompat keluar dari air dan merebutnya dari cabang yang menggantung rendah.
Ikan sumpit muda membentuk kelompok kecil sambil belajar meningkatkan kemampuan satu tembakan untuk mencapai target. Makanan mereka juga terdiri dari mangsa di bawah air, termasuk krustasea dan ikan kecil.

Ikan sumpit melemparkan air pada serangga. Ikan ini memiliki mulut yang disesuaikan dengan jarak jet air ludah yang biasanya untuk memukul mangsa ke dalam air. Awaldaro jet air ikan sumpit yaitu dengan menaikkan lidah ke langit-langit mulut dengan, membentuk tabung. Operculum kemudian menutup cepat sepanjang tekanan air yang menyerupai bentuk tabung.

Ikan Arherfish

Kebanyakan archerfish mampu meludah pada kisaran 150 cm (59 inci). Meskipun beberapa spesimen yang lebih besar mungkin mampu hingga 2 sampai 3 meter (6 -7 kaki atau 9 -10 inchi). Ketika mangsa ditembak turun, banded archerfish mulai bergerak menuju tempat di mana ia akan mendarat dalam 100 mili per detik dan dapat mencapainya dalam waktu 50 meter per detik dari tempat memukul air.

untuk dapat memeliohara ikan Archerfish dibutuhkan aquarium minimal 100 galon dengan kanopi atas tertutup, karena ikan ini merupakan jumper. Menyediakan banyak tanaman yang tidak mengganggu permukaan memberi mereka banyak ruang berenang di bagian atas akuarium . Juga , sangat ideal untuk menjaga tingkat ketinggian air akuarium beberapa inci di bawah bagian atas agar memberi mereka ruang untuk berlatih berburu. Ikan ini hidup nyaman dalam air tawar atau air payau.

Baca juga:  Ikan Hias Air Laut Ikan Buntal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *