Ikan Hias Air Tawar Ikan Black Ghost

Ikan Black Ghost salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Selatan yang merupakan ikan tropis dari keluarga  Ghost Knifefish (Apteronotidae). Ikan ini berasal dari habitat air tawar di Amerika Selatan di mana mulai dari Venezuela ke Paraguay-Paraná River, termasuk Lembah Amazon.

Black Ghos sangat populer di akuarium. Warna ikan Black Ghost semuanya hitam kecuali dua cincin putih pada ekornya, dan api putih pada hidung, yang kadang-kadang dapat memperpanjang ke garis bawah punggungnya. Bergerak terutama oleh bergelombang sirip panjang di bawahnya. Ikan Ini bisa tumbuh dengan panjang maksimum 50 cm (20 in), dan juga ikan ini tidak memiliki sisik.

Ikan pisau hitam hantu akan aktif di malam hari. Mereka adalah ikan listrik lemah yang menggunakan organ listrik dan reseptor didistribusikan melalui panjang tubuh mereka dalam rangka untuk mencari larva serangga.

Ikan Black Ghost knifefish memiliki sistem  listrik lemah sebagai akibat dari motor listrik dan electrosensory. Sementara beberapa ikan hanya dapat menerima sinyal listrik, Black Ghost  bisa memproduksi dan merasakan impuls listrik.

Electrogenesis terjadi ketika organ listrik khusus yang ditemukan di ekor ikan menghasilkan sinyal listrik, yang dengan demikian disebut debit organ listrik (EODs)  Kemudian, untuk EODs ini akan dirasakan oleh ikan, electroreception terjadi. ketika kelompok sel sensorik tertanam di kulit, yang dikenal sebagai organ electroreceptor, mendeteksi perubahan listrik, EODs digunakan untuk dua tujuan utama:.. electrolocation dan komunikasi.

Jenis EODyang  dihasilkan dapat digunakan untuk membedakan antara dua jenis ikan lemah listrik. Pulsa-jenis dan gelombang-jenis,  black ghost dianggap jenis yang terakhir, karena mereka terus-menerus dapat menghasilkan EODs di interval kecil. Gelombang-jenis EODs memiliki spektrum kekuasaan yang sempit, dan dapat didengar sebagai suara tonal, di mana tingkat debit menetapkan frekuensi dasar. Dengan memancarkan kereta sendiri terus menerus sinusoidal dari EODs, ikan black ghost dapat menentukan keberadaan benda-benda di dekatnya dengan merasakan gangguan di waktu dan amplitudo medan listrik, kemampuan yang dikenal sebagai electrolocation aktif.

Organ tertentu yang digunakan untuk merasakan EODs frekuensi tinggi yang dihasilkan diri adalah organ electroreceptor tuberous. Di sisi lain, ketika medan listrik frekuensi rendah yang dihasilkan oleh sumber eksternal bukan ikan itu sendiri, kelas yang berbeda dari organ electroreceptor digunakan untuk electrolocation pasif ini, yang disebut organ ampullary. Oleh karena itu, Jenis Ikan Hias Air Tawar Aquarium  Black Ghost  menggunakan aktif dan electrosystem pasif, masing-masing dengan organ reseptor yang sesuai sendiri.

Ikan black ghost juga bisa menggunakan sistem gurat sisi mechanosensory, yang mendeteksi gangguan air yang diciptakan oleh gerakan tubuh ikan. Sebagai pemburu nokturnal, ikan bisa mengandalkan semua tiga sistem untuk menavigasi lingkungan gelap dan mendeteksi mangsanya.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *