Ikan Hias Air Tawar Ikan Discus

Ikan discus merupakan ikan hias air tawar yang sudah sangat di kenal para pecinta ikan hias. Ikan ini memiliki tampilan yang menarik, dan juga memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan lempengan cd atau disk yang berdiri tegak dan membulat. Konon karena bentuk tubuhnya ini, ikan inipun diberi mana discus. Ikan discus ini berasal dari sungai amazon (Brazil). Jenis ikan ini mempunyai nilai ekonomis yang cukup baik dan sangat di senangi masyarakat pecinta ikan air tawar, dan banyak para hobiis memyebutnya The King Of Aquarium.

Ikan discus memiliki corak warna tubuh yang m,enarik yang cantik mirip seperti corak warna ikan-ikan hias air laut. Bentuk tubuhnya yang pipih dan agak membundar seperti disk dengan warna dasar tubuh yang menarik serta garis-garis berombak yang beraneka ragam tak teratur mulai dari dahi sampai bagian perut. Selain itu terdapat garis-garis vertical yang berajajar dari mata sampai pangkal ekor. Terkadang strain discus yang lain memiliki pola warna seperti batik.

Discus pertama kali dikenalkan oleh Dr. Heckel pada tahun 1840 dengan nama Symphysodon discus. Varian discus aslinya digolongkan kedalam 3 warna, yaitu Symphysodon aecuifasciata (green discus) Symphysodon aequifasciata axelrodi (Brown discus), dan Symphysodon aequifasciata haraldi (the blue variant). Seiring dengan semakin banyaknya orang yang tertarik memelihara discus, bahkan dibeberapa negara Asia, Budidaya discus telah menjadi Industri besar. Sehingga tak heran saat ini terdapat puluhan strain ikan discus dipasaran.

Ikan discus dengan spesis Smphysodon yang berati “memiliki gigi di tengah-tengah rahang”memiliki bentuk tubuh yang membulat, pendapat lain menyatakan bentuk tubuh discus mirip dengan kue dadar. Jika ikan hias lain pada umumnya mempunyai bentuk tubuh memanjang, beda halnya dengan discus bentuk tubuhnya unik seperti disk yang berdiri tegak, Warnanya sangat indah dan menarik sesuai dengan strain dan keturunan. memiliki sirip lengkap seperti ikan lain pada umumnya. sirip punggungnya panjang dan menjuntai hingga mendekati ekor. Demikian juga dengan sirip bawah juga memanjang samapi pangkal ekor.

Discus tergolong dalam keluarga cichilidae yang cukup berbeda karena bentuk tubuhnya pipih dan melebar, selain pipih, bentuk tubuh discus juga membulat atau cendrung seperti liongkaran. Beberapa referensi mengatakan bahwa ikan discus ini memiliki ketahanan hidup yang cukup lama yakni kurang lebih 10 tahun jika kondisi air bagus dan tidak terserang penyakit.

Pecinta ikan hias discus sudah semakin banyak penggemarnya khususnya dikalangan hobiis ikan hias aquarium. Dari tangan-tangan kreatif, teknologipun berkembang, para pelaku usaha budadaya di dunia hingga saat ini sudah banyak mengembangkan strain-strain baru pada ikan discus. Berbagai macam corak warna berhasil dikembangkan. Strain jenis ikan discus yang telah ada saat ini seperti : Powder blue, Turquoise discus, Red gypsi, Briliant turquisoe, Blue mask, Hongkong blue, Royal blue, Solid blue, Cobalt, Heckel brown, Blue brown heckel discus, Lobue albino discus, dan lon fin blue face red dan masih banyak lagi yang lainnya strain discus yang lebih baru.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *