Ikan Hias Air Tawar Shark Bala (Bala-bala)

Ikan bala shark merupakan ikan hias air tawar yang bisa dibilang asli Indonesia. Karena ikan ini ditemukan di Semenanjung Melayu , Sumatera , dan Kalimantan. Ikan hias shark bala atau juga disebut dengan ikan Bala-bala, hiu ikan kecil adalah salah satu speises ikan dari keluarga Cypirinidae dan merupakan salah satu dari dua spesies di dalam genus Balanatiochelis.

Jenis ikan hiu bala ini bukanlah jenis hiu benar namun pada umumnya disebut demikian karena bentuknya berbentuk seperti torpedo dan sirip besar, Ikan shark bala ini terancam punah karena populasinya menurun mencapai 50 % dalam 10 tahun terakhir. Dari namanya terdengar ikan ini adalah ikan predator, yang jika dipelihara tidak bisa dicampur dengan ikan hias lain, terlebih ikan hias yang berukuran kecil. Akan tetapi, bagi sahabat hobiis ikan hias jangan kawatir, jika ingin memelihara dan merawat ikan bala shark. Karena ikan hias yang postur tubuhnya mirip ikan hiu ini ternyata besahabat dan bisa dicampur dengan ikan hias lain.

Jika dilihat dari penampilannya ikan ini mempunyai tubuh yang berwarn perak dengan margin hitam di punggung mereka, alan, ekor dan sirip perut. Ikan ini mempunyai mata besar untuk menemukan dan menangkap mangsa. Ikan hiu bala akan tumbuh panjang masksimal bisa mencapai 35 cm (14 ich).

Bagi kamu yang ingin mememelihara ikan ini di akuarium sangat cocok karena ikan shark bala umumnya damai, baik dan bersahabat untuk berbagai jenis ikn tropis. Kamu bisa mendapatkan ikan ini di pasar terdekat rumah kamu atau lewat internet.

Ikan shark bala merupakan ikan kuat yang akan mentolerir perubahan suhu, perubahan pH, dan faktor lain yang ikan lain mungkin sensitif. Namun lebih baik pH air yang cocok untuk ikan ini berkisar 6,0-8, 0 kesadahan air lebih baik untuk spesies ini lembut untuk media (5,0-12,0 bina marga). Suhu air juga harus dijaga anrara 22-28 °C (72-82 °F) Hiu bala lebih menyukai jika dikelompokkan dalam dua atau lebih spesiesmen. Ikan ini termasuk ikan yang terampil jumper jadi jika ingin memeliharanya usahakan tertutup atau agak tinggi dari permukaan.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *