Ikan Hias Air Tawar Silver Dollar

Ikan hias silver dolar merupakan jenis ikan air tawar yang bentuknya menyerupai ikan piranha. api dalam bentuk yang lebih kecil. Ikan ini merupakan salah satu jenis ikan hias yang memiliki nilai jual yang tinggi. Sehingga tidak sedikit orang yang memelihara ikan ini di samping sebagai ikan hias ikan ini juga di manfaatkan untuk bisnis.

Hal tersebut karena ikan ini mempunyai potensi yang cukup tinggi untuk berkembang menjadi ikan yang dikomersialkan,Namun hingga sekarang banyak pula yang menyatakan bahwa penyediaan benih ikan silver dollar masih terbilang cukup sulit untuk di dapat.

Ikan yang berwarna menarik ini yaitu silver memiliki ukuran tubuh dengan diameter 15 cm. Jenis ikan yang habitat aslinya ada di sungai Amazon, Amerika Selatan. Suhu yang cocok untuk ikan ini adalah sekitar 26-30 °C dimana ini adalah suhu yang ideal untuk ikan ini bertahan hidup. Ikan yang mempunyai bentuk badan pipih tergolong daalam family Characidae ini, akan dengan mudah dibedakan jenis kelaminnya antara jantan dan betina pada saat menginjak usia dewasa.

Setelah ikan memijah, ditandai dengan banyaknya telur yang tersebar didasar wadah pemijahan, kedua induk ikan diangkat dan dipindahkan kewadah pemeliharaan induk semula. Tanaman Hydrilla dalam akuarium juga diambil dan dibuang. Dan untuk mencegah serangan penyakit, kedalam wadah pemeliharaan induk yang selesai memijah ditambahkan 1-2 sendok garam dapur dan Methylene Blue 1 mg/l.

Telur-telur didalam wadah pemijahan dapat dibiarkan menetas diwadah tersebut, tetapi dapat juga dipindahkan atau disatukan kedalam wadah khusus untuk penetasan telur. Cara memindahkan telur harus dilakukan secara hati-hati agar telur tidak rusak. Pengambilan telur dari wadah pemijahan dapat dilakukan dengan menyiponya dengan selang dan telur yang keluar ditampung di baskon, kemudian telur-telur tersebut dimasukkan ke wadah penetasan.

Untuk membedakan jenis ikan silver dollar jantan dan silver dollar betina dapat dilihat dari sirip analnya. Ikan silver dollar betina mempunyai sirip anal uang aga runcing pada bagian depannyam dan berwarna jigga cerah atau merah.

Sedangkan ikan silver dollar jantan mempunyai sirip anal berbentuk bundar pada bagian depan, namun warnanya agak kusam. Ikan silver dollar merupakan jenis ikan herbivore yaitu ikan pemakan tumbuhan seperti selada air atau tanaman berdaun dalam air yang memiliki tekstur daun lunak. Serta hidup di air dengan Ph air sekitar 6 – 8,7.

Ikan ini memiliki sifat yang tidak agresif seperti piranha. Jenis ikan sirver dolar ini mempunyai gigi yang cukup kecil yang cukup tajam pada mulutnya, warna ikan ini di dominasi dengan warna silver menkilap.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *