Ikan Hias Aligator Gar

Ikan Aligator Gar merupakan spesies yang tergolong ordo pisces (ikan-ikanan) dengan moncongnya yang berbentuk panjang ke depan layaknya seekor buaya. Wajar saja, karena moncongnya itulah ikan ini sering dikenal sebagai ikan buaya.

Ikan Aligator Gar atau ikan buaya ini dapat tumbuh hingga mencapai ukuran raksasa, tergantung pada varietasnya. Bahkan, saking besar ukurannya menjadikan ikan ini sebagai salah satu jenis ikan hias sekaligus ikan predator terbesar di dunia.

Walaupun berkarakter ganas dan mampu tumbuh hingga mencapai ukuran yang amat luar biasa, ternyata tidak menjadikan ikan asal benua Amerika ini hidup tanpa penggemar. Justru, ikan aligator ini terkenal sebagai ikan hias cantik yang telah tersebar ke seluruh penjuru dunia.

Pada dasarnya, ikan Aligator Gar ini termasuk salah satu spesies ikan purba yang masih hidup hingga saat ini. Ikan Aligator Gar telah meninggali dunia ini sejak lebih dari 100 juta tahun yang lalu. Oleh karena itu, ikan ini juga sering dijuluki sebagai “ikan primitif” atau “fosil hidup”.

Ikan Aligator Longnose Gar (Lepisosteus osseus) ini merupakan jenis ikan Aligator Gar yang berasal dari benua Amerika, terutama Amerika Utara dan Amerika Tengah. Ikan ini banyak ditemukan di New Mexico, Kansas, Texas, dan daerah-daerah Amerika lainnya.

Dinamakan Longnose Gar dikarenakan ikan Aligator Gar jenis ini memiliki bentuk moncong yang cukup panjang, sehingga diberi nama “Longnose” yang berarti “hidung yang panjang”. Selain itu, banyak pula orang yang mengenal ikan ini dengan nama Needlenose Gar yang artinya “hidung jarum”.

Di Amerika, banyak pemancing yang sengaja mengincar ikan Aligator Gar jenis ini sebagai sasaran pancingnya. Bahkan dulunya, Longnose Gar sempat populer dihidangkan sebagai makanan. Sedangkan di Indonesia, ikan ini ada sebagai penghias akuarium dan kolam.

Kebanyakan ikan Aligator jenis Longnose Gar ini dapat hidup selama 15 hingga 20 tahun, namun pernah ditemukan pula yang dapat hidup hingga mencapai 39 tahun. Ukuran tubuhnya dapat tumbuh hingga mecapai 1,5 meter dengan berat 25 kg.

Baca juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *