Ikan julung-julung air tawar

Ikan julung-julung air tawar

Sekelompok ikan penghuni permukaan (zona epipelagik) yang tersebar luas menghuni perairan hangat dunia. Terdapat dua anak suku, yang pertama adalah Hemiramphinae, khusus menghuni lautan, dan Zenarchopterinae, yang menghuni perairan darat dan estuarin.

Julung-julung memiliki ciri khas yang menjadi keunikannya yaitu rahang bagian bawah meruncing ke depan, lebih panjang daripada rahang atasnya. Ikan julung-julung merupakan jenis ikan air tawar yang berasal dari genus Dermogenys. Ikan dengan nama latin Hemiramphus brasiliensis ini juga memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi, yaitu sekitar 500 – 1500 RAE/100 gram dan diduga dapat dijadikan bioindikator kualitas perairan tawar.

Ikan julung-julung air tawar

Bentuk tubuh ikan julung-julung yaitu pipih memanjang kurang lebih mirip seperti silidris atau pipa. Sedangkan dikepalanya terdapat sisik, rahang bawah ikan ini lebih panjang dari rahang bagian atasnya ataupun bagian ujungnya.

Ikan ini memiliki bibir yang tipis, gurat sisi sempurna, memanjang mulai dari bawah tutup insang dan berakhir dipertengahan pangkal sirip ekor, tidak membentuk gigi di bagian batas ekornya. Jika dilihat lebih teliti maka terlihat bintik-bintik gelap pada bagian pundak ikan julung-julung, hal yang sama juga terdapat pada bagian pangkal sirip dada. warna sirip dari terang sampai kekuning-kuningan, sirip punggung dengan bintik merah terang, bagian tepi sirip anal biasanya berwarna hitam.

Ikan julung-julung air tawar merupakan ikan pelagis kecil banyak hidup pada aliran sungai. Ikan ini ada yang hidup melawan arus dan ada juga yang tidak melawan arus tetapi kebanyakan dari ikan ini hidup melawan arus. ikan julung- julung air tawar merupakan genus dari dermogenys.

Ikan julung-julung air tawar

Ikan satu ini termasuk ikan herbivor, pemakan berupa algae, partikel-partikel kecil vegetasi lain yang besarnya disesuaikan dengan bentuk mulutnya yang kecil. Meskipun tergolong herbivora, bahan-bahan kering yang terdapat di permukaan dan serangga-serangga kecil seperti lalat buah, nyamuk, sangat di sukainya. Hewan-hewan itu ditangkap sewaktu berenang di sepanjang permukaan air dimana ia tinggal.

Ikan hias yang sangat menarik bila dipelihara dalam akuarium, karena ukuran tubuh yang tidak besar, warna bervariasi dan bentuk yang unik. Ikan yang berasal dari Pulau Jawa pada bagian sisi atasnya berwarna coklat muda sampai ke hijau olive dan ada juga yang berwarna keperak-perakan. Ada juga ikan julung-julung yang berwarna biru cermelang dan memantulkan sinar bila terkena cahaya.

Baca juga: Flying Fox Ikan Hias Air Tawar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *