Ikan layaran

Ikan layaran

Ikan layaran adalah jenis ikan yang sering di cari oleh para penghobby mancing. atau istilah kerennya mancing mania. Ikan layaran sendiri adalah jenis perenang cepat bahkan kecepatan ikan layaran bisa mencapai 110 Km per jam.

Karena kecepatan inilah menjadi sensasi tersendiri bagi penghobby memancing. Ikan layaran yang juga terkenal dengan sebutan ikan marlin mempunyai ciri khusus yaitu di punggungnya terdapat sirip seperti layaran.

Jenis ikan layaran ini biasanya hidup di daerah perairan tropis dan banyak juga terdapat di indonesia. Warna dari kulit ikan biasanya kebiru biruan dan mulutnya moncong seperti ikan tondak. Ikan layaran saat ini terbilang langka. Dan jarang bisa di temukan.

Ikan layaran  atau ikan marlin mempunyai pertahanan diri dari serangan mangsanya dengan menggunakan kamuplase warna dimana warna kulit ikan yang kebiru biruan bisa berubah seketika apabila ikan layaran  tersebut dalam keadaan terancam. Dan Sirip Punggungnya apa bila terancam maka dengan sendirinya akan mengembang maka dari itu ikan tersebut di sebut dengan ikan layaran .

Ikan layaran mengumpulkan makanan nya dengan menggiring menggunakan sirip.Dan apabila sudah terkumpul maka ikan layaran  akan selalu menjaga makanannya agar tak terlepas dari buruannya.  Ikan layaran atau sailfish atau yang  ikan yang memiliki nama Latin Istiophorus albicans (untuk yang berada di Samudra Pasifik) dan Istiophorus platypterus (untuk yang bermukim di Samudra Atlantik) ini tersebar dan bermigrasi ratusan mil dari pantai.

Jumlah mereka tergolong masih banyak yang tidak menetap. Nama ikan Laut jenis ini memang belum terlalu di kenal. Sehingga untuk selalu menjumpai ikan layaran sangat sulit bagi para ahli untuk mencari lokasi pasti mereka, melakukan proses tagging (penomeran),serta pengumpulan data.

Pada penelitian terbaru menunjukkan bahwa ikan layaran ini memang benar-benar perenang cepat dan keunikan yang lainnya adalah Ternyata dalam waktu 36 jam setelah bertelur, telur-telur tersebut langsung menetas. Serta yang menjadi ikan layaran  sangat istemewa adalah pertumbuhan tubuh mereka sangat cepat, sekitar 6 kaki per tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *