Ikan Lele: Jenis-Jenis Ikan Lele

Tidak ada komentar 631 views

Ikan Lele atau ikan keli, adalah sejenis ikan yang dapat hidup di air tawar. Ikan Lele dapat mudah dikenali karena tubuhnya yang licin, agak pipih memanjang. Ikan lele juga identik dengan “kumis” yang panjang, yang mencuat dari sekitar bagian mulutnya.Ikan lele memiliki nama ilmiah (Clarias Sp.) ikan ini banyak tersebar di perairan Asia dan Afrika. Jenis dari ikan lele ini sendiri sangat banyak, namun tidak semuanya cocok untuk dibudidayakan dan dikonsumsi. karena Hanya dari jenis-jenis tertentu saja yang dapat dibudidayakan untuk tujuan konsumsi.untuk Jenis-jenis ikan lele yang dapat dibudidayakan pada umumnya memiliki sifat yang unggul seperti pertumbuhan cepat dan tahan terhadap penyakit. Selain itu, ikan lele jenis ini juga harus bisa tumbuh dan berkembang dalam lingkungan yang memiliki kepadatan tinggi serta kondisi air minim.

ikan lele dumbo

Di Indonesia, terdapat dua spesies ikan lele yang biasanya dibudidayakan masyarakat. Yaitu spesies dari Clarias Batrachus dan Clarias Gariepinus. Dari dua spesies ini, ada lele yang bisa dikategorikan unggul yaitu lele dumbo, lele sangkuriang dan lele phyton. Setiap jenis lele ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Berikut adalah penjelasan untuk jenis-jenis lele:

  1. Ikan lele lokal
    Ikan lele local atau nama latinnya Clarias Batrachus, merupakan jenis ikan lele yang sudah dikenal luas di masyarakat. Ikan lele ini sudah lebih dulu dibudidayakan sbeelum ikan lele dumbo diperkenalkan di Indonesia. Namun , saat ini jarang sekali peternak yang membudidayakan jenis ikan lele local karena ternyata ikan lele local kurang menguntungkan. Ikan Lele lokal memiliki Food Convertion Ratio (FCR) yang tinggi, artinya rasio pakan yang diberikan terhadap berat daging yang dihasilkan tinggi. Perlu lebih dari satu kilogram pakan untuk menghasilkan satu kilogram daging dalam satu siklus budidaya. Tidak hanya itu, pertumbuhan lele lokal juga dapat dikatakan sangat lambat. Karena lele local yang berumur satu tahun saja masih kalah ukurannya disbanding ikan lele dumbo yang berumur 2 bulan. Di Indonesia sendiri terdapat tiga jenis lele local yaitu lele hitam, lele putih atau belang putih dan lele merah.
  2. Ikan lele dumbo
    Ikan lele dumbo pertama kali didatangkan ke Indonesia dari Taiwan dan diperkenalkan ke Indonesia pada tahun 1985. Ikan Lele dumbo menjadi favorit bagi peternak karena pertumbuhan ikan ini sangat cepat dan badannya yang jauh lebih besar disbanding ikan lele lokal. Menurut Eksportir, lele dumbo adalah hasil perkawinan antara Ikan lele asal Taiwan Clarias Fuscus dengan ikan lele asal Afrika Clarias Mosambicus.
  3. Ikan lele Sangkuriang
    Ikan Lele Sangkuriang adalah ikan lele hasil dari indukan betina lele dumbo generasi ke-2 atau F2 dan lele dumbo jantan F6.Ikan lele sangkuriang ini resmi dilepas oleh Departemen Kelautan dan Perikanan pada tahun 2004. Penelitian ini dilakukan oleh Balai Besar Pengembangan Budidaya Air Tawar (BBPAT) Sukabumi sejak tahun 2002 karena kekhawatiran para peternak pada penurunan kualitas lele dumbo di masyarakat.

Baca juga :