Ikan Lencam (Lethrinidae)

Ikan Lencam (Lethrinidae)

Ikan Lencam ( Lethrinidae ) adalah Ikan laut yang termasuk dalam famili Lethrinidae yang dikenal dengan sebutan ikan emperor. Ikan ini merupakan kelompok ikan target nelayan yang dimanfaatkan sebagai ikan konsumsi. Nama lain ikan ini diberbagai daerah di Indonesia adalah ikan asual, asuan, gotila, gopo, ketamba Lencam, mata hari, ramin dan sikuda.

Ikan ini hidup di daerah pantai, perairan karang, dapat mencapai panjang 60 cm, umumnya 35-50 cm. Termasuk ikan demersal, ikan buas, makanannya ikan-ikan kecil, krustasea, cacing, penangkapan dengan pancing, bubu, jaring insang, trawl, dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering, harga sedang. Daerah penyebaran; perairan pantai, karang diseluruh Indonesia, dan perairan Indo-Pasifik.

Genus Lethrinus memiliki badan memanjang, agak lonjong, dan gepeng. Moncong agak meruncing. Memiliki sisik ctenoid dan memiliki operculum bersisik. Sisik transversal diatas garis rusuk berjumlah 5-6,sedang dibawah garis rusuk berjumlah 14-15. Jari-jari keras sirip punggung terdapat 10 dan 9 sirip punggung lemah. Sirip dubur berjari-jari keras 3 dan 8 berjari-jari lemah.

Ikan ini termasuk ikan buas, makanannya umumnya crustacea, cacing dan ikan-ikan kecil. Hidup di perairan pantai dan dasar pasir. Dapat mencapai panjang 40 cm dan umumnya 25-35 cm. Warna bagian atas kehijauan dan agak kepucatan bagian bawah. Sisik-sisik pada bagian atas badan di tengah-tengahnya berwarna putih seakan-akan membentuk totol-totol. Sirip-sirip berwarna kuning ungu kemerahan.

Lencam merah (Lethrinus obsoletus) hidup di daerah pantai, perairan karang, dapat mencapai panjang 60 cm, umumnya 35-50 cm. Termasuk ikan demersal, ikan buas, makanannya ikan-ikan kecil, krustasea, danĀ  cacing. Penangkapan dengan pancing, bubu, jaring insang, dan trawl. Dipasarkan dalam bentuk segar, asin-kering. Daerah penyebarannya meliputi perairan pantai dan karang diseluruh Indonesia serta perairan Indo-Pasifik (Wikipedia, 2013).

Ikan lecam Lethrinus spp merupakan ikan demersal kecil yang banyak tersebar di seluruh Indonesia. Ikan lecam Lethrinus spp merupakan ikan laut komoditas penting. Ikan lecam dapat diolah dan digunakan sebagai ikan asin, ikan kering, baso ikan, tempura ikan, dan lain-lain.

Pemanfaatan ikan lecam sebagai olahan makanan di Indonesia telah mencapai tingkat ekspor. Tangkapan ikan Lecam di Indonesia terdapat hampir di seluruh pelabuhan perikanan di Indonesia. Sampai saat ini Ikan Lecam belum dinyatakan sebagai spesies yang teracam keberadaannya karena spesies ini tersebar hampir diperairan Hindia-Pasifik. Akan tetapi harus diwaspadai juga bahea penggunaan alat tangkap yang tidak ramah lingkungan atau merusak ekosistemnya akan memyebabkan populasinya terganggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *