Ikan Mas, favorit semua

Ikan air tawar menyajikan banyak manfaat bagi manusia yang ada di bumi.Terlebih dalam hal pemenuhan konsumsi.Manusia banyak memanfaatkan ikan air tawar untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya.Ikan air tawar yang populer dan paling ditemui di banyak restoran maupun keluarga masyarakat Indonesia adalah Ikan Mas. Ikan Mas menyukai tinggal di daerah yang airnya tidak terlalu dalam dan tidak terlalu deras, seperti pinggiran sungai dan danau.Di Indonesia, terdapat berbagai macam penyajian Ikan Mas, yaitu mulai dari Ikan Mas goreng, Pepes Ikan Mas, Gulai Ikan Mas, dan masih banyak lainnya.

ikan mas

Banyak masyarakat yang menyukai Ikan Mas karena keberadaannya yang mudah untuk ditemui, harganya terjangkau, dan dagingnya yang lembut. Akan tetapi, dari semua keistimewaan yang dimilikinya, Ikan Mas termasuk ikan yang terkadang menyulitkan kita ketika memakannya.Tubuhnya memiliki banyak duri kecil yang terkadang tidak terlihat. Biasanya, untuk hal tersebut, pada proses pemasakan dilakukan dalam waktu yang cukup lama, untuk meminimalisir duri yang ada. Ikan Mas yang memiliki kekerabatan erat dengan Ikan Koi, memiliki nama latin Cyprinus carpio. Di Indonesia, Ikan Mas sudah mulai dipelihara di Indonesia sejak tahun 1920-an. Ikan Mas yang ada ini dibawa dari Cina, Eropa, Taiwan, dan Jepang.

Terdapat berbagai macam jenis Ikan Mas yang dapat dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.Yang pertama adalah Ikan Mas Punten.Ikan Mas ini berasal dari Malang, Jawa Timur.Ciri dari Ikan Mas Punten ialah tubuhnya yang pendek dan dan bulat.Selain itu, terdapat pula Ikan Mas Sinyonya.Ikan Mas Sinyonya memiliki sisik yang berwarna kuning seperti warma kulit jeruk sitrus. Ketika muda, mata ikannya menonjol, sedangkan ketika ia sudah tua matanya akan menyipit. Jenis Ikan Mas selanjutnya adalah Ikan Mas Taiwan. Ikan Mas Taiwan sangat responsif ketika diberi makanan sehingga akan saling berebut dengan yang lainnya. Ikan Mas Taiwan ini diduga memiliki nenek moyang yang berasal dari Taiwan.

Untuk kamu yang ingin membudidayakan Ikan Mas, langkah pertama yang dapat kamu lakukan ialah pemilihan bibit.Usahakanlah untuk memilih bibit yang unggul dan berkualitas. Hal ini akanberdampak pada benih yang akan dihasilkan. Selanjutnya, media untuk berkembang. Untuk mengembangbiakan Ikan Mas, media yang digunakan dapat berupa media air tenang dan air deras. Keunggulan yang diberikan dengan menggunakan air tenang adalah bahwa kamu akan membuatnya dengan mudah dan biaya yang dikeluarkan pun tidak besar alias minim biaya, sedangkan dengan media air deras dibutuhkan biaya yang besar. Akan tetapi, budidaya Ikan Mas dengan media air deras memberikan keuntungan, karena Ikan Mas akan lebih besar nafsu makannya sehingga Ikan yang dibudidayakan akan lebih cepat besar dan siap dipanen.

Baca Juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *