Ikan Paling Unik Di Dunia Ikan Lumba-Lumba

Ikan Paling Unik Di Dunia Ikan Lumba-Lumba

Lumba-Lumba (Delphinus Delphis) merupakan hewan yang sangat cerdas dan mereka tampaknya dicintai oleh manusia. Hewan mamalia air ini telah mampu mempesona kita dalam berbagai cara. Mereka memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, mempunyai ikatan yang kuat dalam kelompok mereka, dan mereka telah dikenal sering membantu manusia dalam berbagai situasi termasuk dalam penyelamatan. Ada 43 spesies yang berbeda dari lumba-lumba yang telah diketahui. 38 dari mereka adalah lumba-lumba yang hidup di laut dan 5 jenis lainnya adalah lumba-lumba sungai yang hidup di air tawar.

Semua jenis lumba-lumba berada dalam ancaman kepunahan, bahkan 5 jenis lumba-lumba yang hidup di air tawar sudah sangat langka bahkan dinyatakan punah. Lumba-lumba sangat mahir dalam melompat. Bahkan beberapa dari mereka dapat melompat hingga 30 kaki di udara. Lumba-lumba berenang ke permukaan air pada interval tertentu yang berbeda untuk mendapatkan udara.

Ikan Paling Unik Di Dunia Ikan Lumba-Lumba

Lumba-lumba merupakan mamalia air yang bernapas dengan paru-paru. Saat mengambil udara di permukaan air, lumba-lumba menghabiskan waktu 20 detik sampai 30 menit. Tubuh lumba-lumba dilapisi oleh kulit berwarna keabu-abuan biru yang sangat sensitif terhadap sentuhan manusia dan benda lain yang ada di air.

Pengetahuan lebih dalam dan informasi lebih lanjut tentang ikan lumba-lumba merupakan langkah awal untuk konservasi yang lebih baik dan untuk memahami animal luar biasa tersebut. Selain itu, informasi merupakan sejanta dan kontribusi kita untuk melestarikan ikan lumba-lumba dan melindungi habitatnya.

Meskipun ikan lumba-lumba memiliki 100 gigi, mereka tidak menggunakannya untuk makan. Mereka hanya menggunakan gigi-gigi tersebut untuk mendapatkan makanan untuk kemudian langsung di telan. Ikan lumba-lumba bisa mengkonsumi lebih dari 30 pounds ikan per hari. Mereka biasanya berkelompol dalam berburu dengan memojokkan grombolan ikan mangsanya. Strategi tersebut merupakan salah satu dari banyak strategi yang ikan lumba-lumba gunakan dalam berburu.

Ikan Paling Unik Di Dunia Ikan Lumba-Lumba

Sebagian besar spesies ikan lumba-lumba hidup di laut tetapi ada beberapa yang bisa hidup di air tawar. Ikan lumba-lumba yang hidup di air tawar sudah sangat langka sekali ditemukan. Beberapa ikan lumba-lumba air tawar bisa ditemukan di sungai Haungho China, sungai Amazon Brazil, dan sungai Mahakam, Indonesia.

Sangat menajubkan mengetahui bahwa ada perbedaan yang sangat besar dari ukuran diantara semua spesies ikan lumba-lumba. Yang paling besar bisa berbobot 10 ton dan mempunyai panjang 30 kaki. Yang paling kecil bisa berbobot 90 pound dengan panjang hanya 4 kaki. Spesies dan lokasi hidup merka memainkan perang penting terhadap ukuran tubuh ikan lumba-lumba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *