Ikan Patin Siam

Ikan Patin Siam (Pangasius hypophthalmus) adalah ikan yang dapat dibudidayakan. jenis ikan ini  berasal dari perairan Negara Thailand dan Vietnam. Ikan ini memiliki nilai ekonomis yang tinggi baik dari pembenihan hingga pembesaran. Ikan ini dikenal pula dengan sebutan ikan jambal siam, lele bangkok, dan hiu bangkok. Dalam bahasa perdagangan internasional dikenal sebagai siamese shark, sutchi catfish, atau pangasius. Ikan patin siam mulai masuk ke Indonesia pada tahun 1980 .Pada tahun 1990 budidaya patin mulai berkembang pesat di Jawa Barat, Lampung, Sumatera bagian selatan dan Kalimantan. Patin siam disebut patin bangkok atau lele bangkok karena patin ini memiliki tubuh yang bongsor . Karena patin siam memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan patin lokal membuat patin siam dapat diterima dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Tidak hanya itu, patin siam relatif lebih mudah dibudidayakan, sedangkan patin lokal seperti patin jambal, sulit dikembangkan karena membutuhkan lingkungan perairan yang khusus. Patin Siam memiliki karakteristik yang unggul yaitu memiliki kemampuan untuk bereproduksi yang lebih besar dibandingkan dengan ikan patin local.

ikan patin

Selain itu, ikan patin siam memiliki daya tahan tubuh yang baik. Ikan patin siam juga tumbuh sekitar 7 g/hari, sementara patin jambal hanya sekita 6 g/hari. Namun, untuk pasar ekspor patin jambal lebih laku daripada patin siam.Patin Siam merupakan salah satu dari spesies  lele-lelean, dan termasuk ikan berkumis (catfish). Di negara asalnya, Patin Siam bernama Pla Sawai. Di Malaysia, selain diberi nama patin, disebut juga ikan lawang, martinus, dan tikol.Di Vietnam, Patin Siam biasa disebut  Ca Tre Yu, di Kamboja disebut Trey Pra. Dalam Bahasa Inggris, Patin Siam disebut Catfish, River Catfish, atau Striped Catfish. Sedangkan di Indonesia, selain dinamakan ikan patin disebut juga jambal siam, atau lele bangkok (Jawa), dan ikan juara (Sumatra dan Kalimantan).

Pada umumnya,budidaya ikan Patin Siam dibagi dalam dua tahap, yaitu tahap pembenihan dan tahap pembesaran. Tahap Pembenihan adalah tahapan atau kegiatan  dalam menyediakan benih-benih ikan yang  telah siap dipelihara di kolam pembesaran. Sedangkan tahap pembesaran adalah tahapan memelihara benih, dari hasil pembenihan hingga bisa untuk dikonsumsi.

Keunggulan ikan patin siam

BEBERAPA KEUNGGULAN PATIN SIAM  yaitu

  1. ikan Patin Siam dapat dipelihara di lahan dan air yang terbatas
  2. ikan Patin Siam dapat dipelihara dengan kepadatan tinggi
  3. Teknologi budidaya ikan patin siam  relatif  lebih mudah
  4. Dapat memanfaatkan pakan alternatif (sisa katering, ikan rucah, dll)
  5. ikan patin siam memiliki Kelangsungan hidup yang  tinggi
  6. Produktivitas ikan patin hias  tinggi, cocok untuk memenuhi kebutuhan protein hewani bagi manusia
  7. dapat dijual di pasar ekspor dan impor

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *