Ikan Piranha

Ikan Piranha

Piranha adalah ikan air tawar omnivora yang hidup di sungai-sungai di Amerika Selatan. Di sungai-sungai Venezuela, mereka disebut caribes. Mereka terkenal dengan gigi tajam dan pemakan daging. piranha yang memiliki reputasi paling agresif adalah piranha perut merah, dalam bahasa latinnya Pygrocentrus Natterereri.

Dari seluruh jenis ikan air tawar yang pernah dipelihara sebagai hiasan mungkin hanya jenis Piranha saja yang tidak diizinkan. Sebab jenis ikan ini tergolong jenis ikan yang berbahaya.

Jika dalam perairan ada binatang yang terluka, PIRANHA mempunyai indera penciuman yang sangat tajam sehingga dapat dengan mudah mengetahuinya. Bau darah tersebut akan merangsang ikan ini untuk bertindak dan memburu asal bau tersebut.

Piranha yang sangat sensitive dan tertarik dengan bau darah ini terkenal sebagai ikan buas yang ditakuti, dengan giginya yang kuat, runcing dan tajam. Piranha dapat mencapai panjang maksimal hingga 30 cm dan makanan ikan ini adalah ikan, reptile, mamalia, serangga dan cacing.

Piranha dapat berubah menjadi kanibal jika kondisi lingkungan yang memburuk seperti berkurangnya makanan di alam, ruang hidup dan oksigen dapat membuat mereka saling memangsa.

Serangan piranha sangat ditakuti karena dapat membunuh hewan atau manusia yang terjebak di sungai. Mereka memiliki deretan gigi runcing tajam serta paling tidak tahan melihat dan mencium bau darah Begitu mencium bau darah, ikan-ikan itu akan langsung menyerbu dalam gerombolan besar. Kemudian, menyobek-nyobek daging hingga tidak bersisa, menyisakan kerangka saja dalam waktu beberapa menit.

Namun, Ikan piranha mirip dengan ikan bawal yang hidup di air tawar. Piranha memilki ciri-ciri tersendiri, iantaranya mempunyai sifat yang agresif dengan mata yang besar bulat merah, dilengkapi gigi-gigi segitiga yang runcing dan tajam pada ujung-ujung mulutnya yang monyong maju ke depan.

Rata-rata ikan ini mempunyai berat antara 600 gram sampai 700 gram, walaupun ada beberapa species di Amerika Selatan ada yang beretnya mencapai 4 kilogram. Seperti pada jenis piranha perut merah dan piranha hitam mata merah yang memiliki tubuh lebih besar dan jenis tersebut sangat berbahaya bagi manusia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *