Ikan Sapu-Sapu Pemilik Sejuta Khasiat Yang Sering Terlupakan

Ikan air tawar merupakan ikan yang hidup di perairan dengan kadar garam dan mineral yang sedikit, tidak seperti di lautan. Perairan ini meliputi sungai, danau, waduk, dan lainnya.Terdapat beragam jenis komunitas yang hidup di dalamnya.Ikan yang merupakan makhluk hidup penghuni perairan, tentu saja ada yang tinggal di perairan air tawar.Terdapat macam-macam ikan yang hidup di air tawar.Mulai dari yang kecil sampai dengan yang besar.Mulai dari ikan koi, gurame, sampai ikan arwana.Ikan-ikan yang hidup di air tawar memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik untuk dikonsumsi, dipelihara, maupun dijadikan ikan hias.

ikan sapu sapu

Ikan hias air tawar merupakan jenis ikan hias yang tidak diperuntukkan untuk dikonsumsi. Biasanya ikan hias yang dikelompokkan sebagai kesenangan diletakkan di akuarium, sedangkan untuk pemeliharaan biasanya di kolam. Ikan hias untuk kesenangan biasanya tergantung oleh sang pemilik, sedangkan untuk pemeliharaan biasanya melihat keadaan pasar dan selera masyarakat. Salah satu jenis ikan hias air tawar yang populer di kalangan masyarakat ialah ikan sapu-sapu.

Ikan sapu-sapu atau ikan bandaraya memiliki nama latin  Pterygoplichthys sp ikan yang berasal dari Amerika ini merupakan ikan pemakan lumut. Ikan sapu-sapu memiliki tubuh yang pipih dengan sirip yang lebar memanjang.Terdapat beberapa ikan sapu-sapu.Yang pertama ialah Ikan Sapu-sapu Zebra Pleco.Ikan sapu-sapu jenis ini memiliki tubuh dengan corak yang seperti zebra, yakni hitam dan putih.Karena kecantikan motif tubuh yang dimilikinya, ikan sapu-sapu ini merupakan jenis ikan sapu-sapu yang paling mahal di antara ikan sapu-sapu lainnya.Yang kedua, ada ikan sapu-sapu King Tiger Pleco.Ikan sapu-sapu ini pun memiliki corak tubuh yang unik, yakni corak tubuh harimau. Ikan sapu-sapu ini bersifat karnivora, ia memakan hewan lain yang lebih kecil. Untuk memeliharanya di dalam akuarium, dibutuhkan udang dan bloodworms sebagai makanannya.Jenis ikan sapu-sapu yang ketiga ialah Ikan sapu-sapu Snowball Pleco.Ikan sapu-sapu ini merukan jenis ikan sapu-sapu predator.

Terdapat beberapa manfaat yang dapat diambil dari Ikan Sapu-sapu.Yang pertama, Ikan Sapu-sapu berfungsi sebagai pembersih kaca.Ia akan memakan lumut dan alga yang ada pada kaca akuarium dan memakannya. Selain itu, ikan sapu-sapu yang merupakan ikan hias ini, memiliki harga yang mahal untuk dijadikan peliharaan.Selanjutnya, ikan sapu-sapu juga dapat menghilangkan stress. Akan tetapi, terdapat pula oknum-oknum curang yang menggunakan ikan sapu-sapu untuk dijadikan bahan baku makanan, seperti siomay. Hal ini dilakukan demi merauk untung yang tinggi dengan modal yang rendah.Ikan sapu-sapu dapat diambil dengan mudah pada peraian yang kotor.Oleh karena itu, para konsumen diharapkan untuk berhati-hati atas kejadian-kejadian yang terjadi.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *